Juarai Lomba Kuat Tekan Beton Nasional, 3 Mahasiswa ITN Ini Gunakan Limbah Batu Bara Lho!

Infokampus.news, Malang – Sukses meraih posisi ketiga dalam Lomba Kuat Tekan Beton Nasional yang digelar Universitas Petra beberapa waktu silam, ada yang unik dari campuran bahan yang digunakan para mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) kali ini. Para anggota kelompok yang terdiri dari Jandsem Madi, Reynhard Ghunu, Bagus Dwi Wibowo ini menggunakan flyash (abu terbang) yakni limbah dari batu bara.

“Kami gunakan sebagai suplemen dari campuran beton. Kami gunakan 43% flyash kemarin dari total keseluruhan campuran, kalau biasanya orang pakai hanya 20-30% saja,” papar Jandsem pada wartawan.

Dalam Lomba Kuat Tekan Beton Nasional ini memang ketentuan yang diberikan panitia adalah bagaimana cara agar bisa menghasilkan beton yang kuat tekan, slam, dan menggunakan biaya paling efisien. Selain itu mereka harus membuat beton dengan mengurangi campuran semen.

“Kami gunakan flyash ini karena ini limbah tidak bisa dipakai lagi ya dan jauh lebih murah daripada semen. Semen satu sak (karung) bisa lebih dari 80ribu rupiah, sedangkan ini hanya 10 ribu rupiah saja per sak-nya,” ungkapnya lagi.

Penggunaan semen untuk bahan pembuatan beton ternyata sudah banyak ditolak masyarakat karena semen sendiri menghasilkan CO2. Jadi penggunaan flyash ini mereka rasa sangat tepat karena selain murah, mereka juga bisa memanfaatkan limbah yang ada. Untuk mencari flyash pun terbilang tidak terlalu sulit karena berbagai perusahaan pembangkit listrik seperti yang ada di Paiton akan menghasilkan banyak limbah sejenis ini.

Dengan ide menggunakan limbah sebagai bahan tambahan penguat beton, mereka tidak hanya berhasil membawa pulang trofi juara 3 Lomba Kuat Tekan Beton Nasional saja namun juga penghargaan The Best University.

“Kalau yang The Best ini kami dapat karena ITN mengirim 6 tim kan, lalu ada yang lolos di final 2 dan yang meraih 3 besar ada satu,” tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
islam rahmatan lil alamin
UNISMA Sharing Ilmu dengan Para Pakar dari Lebanon, Ternyata Ini Pentingnya Islam Rahmatan Lil ‘Alamin!

Islam rahmatan lil 'alamin merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam terbesar seperti Indonesia. Hal...

Close