Juarai Lomba Pengetahuan Umum Tiongkok, UMM Lebih ‘Intim’ Jalin Kerjasama

Infokampus.news, Malang – Dalam lomba secara online yang digelar Konsulat Jenderal China bulan lalu, tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyabet beberapa penghargaan. Tiga mahasiswa tersebut adalah Ana Sophia Siregar dari program studi Ilmu Teknologi Pangan, Fikri Ramadhan Siregar dari Fakultas Psikologi, Dwi Fariyana Wiraningtyas, mahasiswa program studi Farmasi.

“Ana sama fikri ini meraih juara pertama karena skor yang didapatkan sama sedangkan Dwi dapat juara ketiga.” Asisten Rektor Bidang Kerja Sama, Drs. Soeparto M.Pd. Soeparto juga menambahkan, pihak kampus juga mendapat penghargaan tersendiri dari lomba online yang digelar 10 September sampai 10 November silam.

“UMM juga meraih juara untuk kategori perguruan tinggi dengan peserta lomba terbanyak, yakni 332 mahasiwa,” tambahnya kemudian.

Lebih ‘Intim’ Dengan China

Kerjasama dengan Tiongkok ini diklaim oleh pihak kampus merupakan pningkatan yang terbilang pesat terutama semenjak adanya China corner di UMM. “Sejak ada China Corner di UMM pada Mei lalu ini semakin memperkuat jalinan kerjasama antara UMM dengan Tiongkok. Mahasiswa jadi punya media untuk mempelajari lebih banyak tentang China,” ujarnya.

Selain itu kerjasama ini juga menambah pengetahuan mahasiswa tentang budaya Tiongkok yang dinilai baik oleh pihak kampus. Meskipun mempelajari budaya baru, mereka tetap dihimbau untuk memegang teguh nilai kebudayaan Indonesia sendiri.

“Dengan makin kuatnya kerjasama UMM-China ini, mahasiswa akan makin banyak belajar tentang budaya China. Ini penting untuk membekali mahasiswa saat berkiprah di lingkup ASEAN nantinya, tapi bukan berarti meninggalkan nilai budaya bangsa ya,” pungkas Soeparto. (Pus) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wakili Indonesia, Mobil Listrik UNNES Melantai di Jepang

Prototype mobil listrik Pandawa yang dikembangkan Fakultas Teknik (FT) Unnes akan mewakili Indonesia mengikuti Energy Challenge

Close