Jumlah Komputer Tak Cukup untuk UNBK 2017, Ini Solusinya

Infokampus.news – Seluruh SMP/MTs di Kulonprogo bakal jadi penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Kekurangan jumlah komputer disebut tidak menjadi penghalang karena bisa meminjam dari sekolah terdekat, bahkan yang berbeda jenjang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana mengatakan, sebanyak 79 SMP/MTs negeri maupun negeri akan kompak melaksanakan UNBK 2017. Total peserta yang tercatat sementara ini mencapai 5.843 orang.

“Target nasional itu UNBK bisa 80% tapi Kulonprogo dan DIY berusaha menuju 100 persen,” kata Sumarsana seperti mengutip Harian Jogja, Senin (16/1/2017).

Sumarsana menyadari ketersediaan komputer menjadi syarat penting yang mesti dipenuhi penyelenggara UNBK. Sekolah setidaknya harus memiliki 20 unit komputer dan satu server.

Dia lalu mengungkapkan Kulonprogo cukup terbantu dengan adanya kebijakan baru berupa pembagian jadwal pelaksanaan UNBK menjadi dua gelombang. Jika setiap gelombang dilakukan dalam tiga sesi, total komputer yang dibutuhkan diperkirakan mencapai 974 unit.

Sumarsana lalu memaparkan, berdasarkan hasil pendataan sementara, jumlah komputer yang siap digunakan ternyata hanya 759 unit. Namun, kondisi itu rupanya sudah diantisipasi oleh pemerintah pusat.

Meski petunjuk teknisnya belum turun, Sumarsana mengatakan terdapat kemudahan berupa izin untuk memanfaatkan fasilitas komputer milik sekolah lain meski berbeda jenjang sekalipun. Hal itu merujuk pada jadwal ujian SMA/SMK/MA yang berbeda bulan sehingga komputer dapat digunakan bergantian.

Sumarsana menjelaskan, panitia UNBK bisa menyelenggarakan ujian di sekolah lain yang lebih siap dari segi fasilitas. Hanya saja, jarak antara sekolah dengan tempat ujian alternatif dibatasi maksimal lima kilometer.

Dia lalu mencontohkan SMP Negeri 4 Samigaluh yang diketahui baru mempunyai 13 unit komputer dengan spesifikasi sesuai standar UNBK. Mereka jelas belum memenuhi persyaratan menyediakan minimal 20 unit dan satu server.

“Nanti bisa ke SMK Negeri 1 Samigaluh yang jaraknya memang berdekatan,” ujar Sumarsana. (FAM)

 

Sumber: HarianJogja

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UI Tak Buka Lagi Jalur SIMAK UI untuk S-1 Reguler!

Di tahun 2017 ini, UI tak lagi memberlakukan SIMAK UI sebagai jalur masuk mahasiswa S-1 reguler. Hal ini membuat kuota...

Close