Jumlah Pendaftar SNMPTN UB Capai Angka 36 Ribu!

Infokampus.news, Malang – Jumlah peminat Seleksi Nasional Masuk perguran Tinggi Negeri (SNMPTN) Untuk Universitas Brawijaya pada tahun 2017 ini diperkirakan turun secara drastis. Sampai saat ini, pendaftar SNMPTN  untuk kampus UB masih stabil di angka 36 ribu pendaftar. Angka ini berbeda jauh dari angka pendaftar SNMPTN UB tahun 2016 lalu yang mencapai angka 46 ribu.

“Per pagi ini itu angkanya masih ada di angka 36.620. Tapi, angka tersebut belum final karena masih banyak pendaftar yang belum menyelesaikan pengisan pendataan dan lain sebagainya. Prediksi kami sepertinya saat penutupan akan berada diangka lebih dari 40 ribu,” Ungkap Wakil Rektor I, Prof. Kusmartono.

Pengurangan Kuota Sekolah Akreditasi A Jadi Alasan Berkurangnya Peminat

Diakui Prof. Kusmartono, salah satu alasan berkurangnya peminat pendaftar juga disebabkan,adanya peraturan baru yang mana sekolah yang mempunyai akreditasi A hanya disisikan 50 persen dari jumlah pendaftar. Hal tersebut tentunya berkurang dari tahun lalu yang berada di angka 75 persen.

“Tahun ini memang ada peraturan tersebut, Saya kira itu salah satu faktornya. Penurunan jumlah peminat juga kan tidak tahun ini saja, tahun 2015 ke 2016 juga jumlahnya turun,” Paparnya.

Kedokteran dan Akutansi Masih Paling Diminati

Selain itu, jumlah pendaftar dari jurusan IPA diakui Kusmartono sebagai penyumbang angka terbanyak kali ini dengan jurusan favorit yaitu jurusan kedokteran. Sedangkan untuk jurusan IPS sendiri masih banyak yang memilih jurusan Ekonomi dan Akuntansi.

“Kalau jumlah pastinya saya kurang tahu. Mungkin besok setelah data masuk semua kita bisa lihat rincian berapa berapa pendaftar yang masuk dari masing-masing jurusan,” Ungkapnya.

Para pendaftar SNMPTN 2017 kali ini akan memperebutkan kuota 3000 mahasiswa yang akan diterima Universitas Brawijaya. (Uch)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WR I UM Berharap Fakultas Ilmu Keolahragaan Makin Diminati Tahun Ini

Ditemui di sela kesibukannya, Wakil Rektor I Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyatakan harapannya agar

Close