Jurnalis Kompas TV ini Beri Tips Menarik Seputar Citizen Journalism Dalam Acara Festival Film Kawal Harta Negara

Infokampus.news, Malang – Peran masyarakat di era yang sudah maju dalam bidang perteknologian ini memang mempunyai porsi yang besar terhadap suatu produk pemberitaan suatu media. Saat ini dengan menggunakan perangkat smartphone dan juga media sosial, suatu informasi bisa tersebar dengan kecepatan yang tinggi sehingga membantu suatu media dalam memproduksi produk jurnalistiknya.

Pelaku Citizen Journalism, Orang Biasa Dengan Momen yang luar biasa!

Hal tersebut diakui oleh Kepala Tim Peliputan Kompas TV, Alexander Wibisono, Sebagai salah hal yang menarik untuk disimak. Dirinya mengibaratkan para pelaku Citizen Journalism sebagai orang biasa dengan momen yang luar biasa. Karena pada realitas dilapangan, wartawan terkadang tidak bisa mendapatkan suatu momen atau kejadian sebaik dari Citizen Journalism.

“Kalau wartawan di lapangan kan bekerjanya menyebar, sebetulnya kita dimedia ini sangat terbantu dengan maraknya pelaku Citizen Journalism yang ada di Indonesia saat ini. Beberapa hal yang tidak tercover oleh wartawan, sedikit teerbantu dengan produk Citizen Journalism ini,” Paparnya.

Citizen Journalism Bisa Beri Dampa Baik Pada Pembangunan Suatu Daerah

Selain itu, Citizen Journalism diakui pria yang akrab disapa Alex ini juga bisa sebagai pendorong pembangunan suatu wilayah. Karena menurutnya, Maasyarakat tentunya lebih paham tentang wilayah dan lingkungan tempatnya hidup dibandingkan wartawan yang hanya singgah di wilayah tersbut dan mencari berita. Atas dasar pengetahuan tersebutlah, dirinya mendorong Masyarakat untuk memberitakan apa-apa yang dirasa oleh mereka bisa membantu pembangunan didaerah tersebut.

“Saya beri contoh, Jika masyarakat membuat produk berita Citizen Journalism tentang jalanan yang banyak bolongnya di tempat mereka tinggal, Maka ketika media itu menayangkan berita tersebut pastinya informasinya akan tersebar keseluruh pelosok Indonesia. Dan ketika hal tersebut akhirnya sampai ke telinga pemerintah daerah, pastinya jalan tersebut akan segera di perbaiki. Itulah dampak yang bisa dibuat oleh produk berita yang langsung dari sudut pandang masyarakatnya,” Ungkapnya.

Tips Kompetisi Video Citizen Journalism Festival Film Kawal Harta Negara, Alex :  Harus Cari Fenomena Yang Menarik

Keresahan-keresahan tersebutlah yang diakui Alex harus diangkat diangkat pada kompetisi Video Citizen Journalism Festival Film Kawal Harta Negara ini. Apalagi dengan tema kawal harta negara, saat ini diakuinya banyak sekali hal-hal yang bisa diliput dalam keseharian.

“Kawal harta negara pastinya berbanding lurus dengan fasilitas negara. pastinya. untuk itu, cari isu yang menarik terkait hal tersebut, misal halte yang rusak, jalan bolong, dan lain-lain. Sehingga, produk jurnalistik yang dibuat nanti punya dampak positif kepada publik,” Jelasnya. (uch)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hari Ini Pendaftaran SBMPTN 2017 Resmi Dibuka!

Guna mendaftarkan diri ke PTN ada sejumlah jalur seleksi yang bisa diikuti. Salah satunya adalah melalui Pendaftaran SBMPTN 2017 ini.

Close