Prospek Kerja Tinggi! Berikut Ini Jurusan IPA yang Sepi Peminat di SNMPTN

Infokampus.news – Pendaftaran SNMPTN 2019 sudah dibuka pada 4 Februari 2019 lalu dan akan berlangsung sampai tanggal 14 Februari 2019 mendatang melalui situs snmptn.ac.id. Pada pendaftaran SNMPTN 2019, siswa bisa (2) dua program studi dari 1 (satu) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sama atau masing-masing 1 (satu) prodi dari 2 (dua) PTN berbeda. Kebanyakan, calon mahasiswa tertarik dengan jurusan-jurusan mainstream yang bidangnya banyak dibutuhkan di dunia kerja. Tapi tidak ada salahnya Sobat FoKus mempertimbangkan jurusan IPA yang sepi peminat di SNMPTN karena saingannya akan semakin sedikit.

Berikut ini adalah sebagian dari jurusan IPA yang sepi peminat, namun memiliki prospek kerja tinggi. Jika semua perusahaan butuh tenaga kerja ini, maka peluang kerja yang akan Sobat FoKus dapatkan bisa semakin lebar karena lulusan ini tak banyak disebabkan sepi peminat dan banyak yang kurang mengetahuinya.

 

Jurusan IPA yang Sepi Peminat
1. Fisika

Selama ini, Prodi Pendidikan Fisika adalah jurusan yang cukup ramai peminatnya. Namun namanya saja pendidikan, jadi arah perkuliahannya lebih dominan kepada bagaimana menjadi guru Fisika dengan materi-materi Fisika yang lebih terbatas. Sementara itu, Prodi Fisika Murni akan mempelajari lebih dalam dibanding prodi pendidikannya. Kita bisa memilih beberapa peminatan dalam jurusan ini seperti Fisika Nuklir dan Partikel, Fisika Material, Astronomi, dan lain-lain. Namun karena banyak yang kurang tahu, jurusan ini cukup sepi peminat, lho. Padahal prospek kerjanya sangat luas, terbukti banyak lulusannya yang dibutuhkan di LIPI, BMKG, serta perusahaan minyak tambang dan telekomunikasi.

2. Kimia

Seperti halnya Prodi Fisika, Prodi Kimia Murni ini rupanya juga sepi peminat, lho. Sobat FoKus yang menyukai kimia dan segala praktikumnya, jurusan ini layak dipertimbangkan. Peminatan yang bisa kita ambil meliputi Kimia Hayati, Kimia Non-Hayati dan Bioteknologi Industri. Di dunia kerja, kebutuhan lulusan Kimia ternyata juga cukup luas. Di antaranya adalah bidang penelitian, industri, sampai pendidikan dan jasa.

3. Budidaya Perikanan

Hingga kini, tak banyak yang mengerti betul bagaimana kuliah Jurusan Budidaya Perikanan itu. Masih banyak pula yang mengira bahwa budidaya ikan ini tak ubahnya profesi nelayan semata. “Nelayan yang tak sekolah saja bisa bekerja!” Ups, tunggu dulu. Nelayan sudah pasti ahli dalam hal praktik dan kebanyakan memahami teori berdasarkan pengalaman. Namun, setiap bidang pasti membutuhkan tenaga-tenaga ahli dengan pengetahuan akademik yang tinggi. Sobat FoKus yang tertarik untuk terjun di bidang ini, atau yang kebetulan tinggal di daerah pesisir ataupun peternakan ikan, bisa mencoba mendaftarkan diri di jurusan ini sebagai bekal terjun di masyarakat sekaligus dunia kerja. Lulusannya pun masih sedikit, sementara potensi perikanan di dalam negeri sangat besar dan belum digarap dengan maksimal.

4. Teknik Nuklir

Dibandingkan dengan negara lain, peminat Teknik Nuklir di Indonesia memang belum seberapa. Jangan salah paham ya, Jurusan Teknik Nuklir tidak untuk melahirkan perakit bom nuklir, lho. Teknik nuklir ternyata dibutuhkan di sektor yang relevan seperti medis, pertanian, dan industri. Karena merupakan bidang yang cukup berisiko, prospeknya untuk bekerja dan memiliki gaji juga cukup besar, lho.

 

5. Teknik Biomedis

Menjadi dokter adalah cita-cita hampir seluruh anak-anak semasa kecil. Hingga beranjak dewasa, rupanya cita-cita itu masih bersemayam di hati banyak pelajar. Tak heran, Jurusan Kedokteran masih menjadi primadona di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Yang masih banyak tidak diketahui, jurusan medis tidak melulu tentang kedokteran saja, lho. Lulusan Biomedis juga punya peran yang tak kalah penting dari dokter. Seorang teknobiomedik atau biomedical engineer dibutuhkan untuk menangani teknik dan prosedur dunia kesehatan, seperti analisis, diagnosis, instrumen kesehatan, sampai rekayasa medis.

 

6. Oseanografi

Pecinta laut, jurusan ini akan menjadi surga bagi kalian. Di Oseanografi, Sobat FoKus akan mempelajari berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya. Indonesia yang tengah menguatkan sektor maritimnya ini, jelas membutuhkan pekerjaan yang relevan untuk misi tersebut. Tak heran, lulusan Oseanografi banyak dicari dan digaji tinggi, lho.

 

7. Astronomi

Sejak kecil, imajinasi kita sudah dipenuhi oleh berbagai kehidupan luar angkasa dalam komik, buku cerita anak, maupun film-film animasi. Tak jarang di antara anak-anak ini yang tumbuh bersama kecintaannya pada antariksa yang mereka ketahui ala kadarnya itu. Namun siapa sangka, dunia antariksa benar-benar kita kuasai secara nyata dengan ilmu pengetahuan yang kita kenal dengan Ilmu Astronomi. Di jurusan ini, kita akan belajar mengenai hal yang berhubungan dengan antariksa. Jurusan ini sepi peminat karena banyak yang beranggapan kalau Jurusan Astronomi itu sulit karena harus belajar fisika, matematika, dan ilmu astronomi. Pada kenyataannya, banyak keseruan dari belajar di jurusan ini, lho. Kita bisa mengamati benda-benda langit hingga fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi. Prospek kerja terbuka lebar di lembaga pemerintahan maupun nonpemerintahan astronomi seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronaut.

Itu tadi segelintir di antara banyak jurusan IPA yang sepi peminat namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Tertarik mengambil salah satunya? Pikirkan matang-matang sebelum mendaftarkan diri ya! (him)

Berita Terkait

  • infokampus.news - Situs web Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019 hingga hari ini (4/2) mengalami server down. hal ini dikarenakan banyak sekali yang mengakes ke laman snmptn.ac.id Petugas call center Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyarankan siswa pelamar untuk mengakses situs web SNMPTN pada malam hari untuk menghindari eror maupun server down. "Banyak sekali yang mengakses pagi ini untuk melihat pengumuman pemeringkatan, sehingga situs web-nya sulit dibuka. kalau…
  • infokampus.news - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Begeri atau SNMPTN 2019 dimulai hari ini (4/2). pendaftaran berlangsung serentak di seluruh Indonesia hingga 14 Februari 2019. kamu bisa membukanya melalui laman resmi website snmptn.ac.id, menurut Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT, Prof Ravik Karsidi mengatakan hanya 955.781 siswa dari 14.888 sekolah yang berhak mendaftar SNMPTN 2019. Beliau mengatakan jumlah tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun 2018 lalu dimana hanya mencapai…
  • Infokampus.news - Universitas Udayana (Unud) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Pulau Dewata dengan area kampus yang luas dan hijau. Pada artikel kali ini, infokampus.news akan menginformasikan prediksi passing grade Unud 2018 untuk jalur SNMPTN. Sebelum pendaftaran Unud 2019 sebaiknya harus mengetahui daftar jurusan di Unud, dan juga harus mengetahui keketatan dalam memasuki suatu program studi tertentu. Untuk mengetahui keketatan atau tingkat persaingan seleksi suatu program studi bisa menggunakan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *