Ingin Daftar SNMPTN? Intip Jurusan IPS yang Sepi Peminat Berikut Ini!

Infokampus.news – Pendaftaran SNMPTN 2019 sudah dibuka pada 4 Februari 2019 lalu dan akan berlangsung sampai tanggal 14 Februari 2019 mendatang melalui situs snmptn.ac.id. Pada pendaftaran SNMPTN 2019, siswa bisa (2) dua program studi dari 1 (satu) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sama atau masing-masing 1 (satu) prodi dari 2 (dua) PTN berbeda. Kebanyakan, calon mahasiswa tertarik dengan jurusan-jurusan mainstream yang bidangnya banyak dibutuhkan di dunia kerja. Tapi tidak ada salahnya Sobat FoKus mempertimbangkan jurusan IPS yang sepi peminat di SNMPTN karena saingannya akan semakin sedikit.

Berikut ini adalah sebagian dari program studi IPS yang sepi peminat, namun memiliki prospek kerja tinggi. Jika semua perusahaan butuh tenaga kerja ini, maka peluang kerja yang akan Sobat FoKus dapatkan bisa semakin lebar karena lulusan ini tak banyak disebabkan sepi peminat dan banyak yang

kurang mengetahuinya.

Jurusan IPS yang Sepi Peminat

1. Ilmu Perpustakaan

Mendengar kata “perpustakaan”, Sobat FoKus pasti membayangkan kalau siapapun yang mengambil jurusan ini nanti kerjanya merapikan buku-buku di perpustakaan ya? Padahal lulusan ini bisa meniti karir lebih dari itu, lho. Jurusan ini bisa belajar tentang cara pengumpulan, pengorganisasian dan juga penyebarluasan sumber informasi yang ada di perpustakaan. Prospek kerja bagi lulusan Ilmu Perpustakaan ini adalah menjadi tenaga ahli bagi semua jenis perpustakaan dan lembaga informasi, lembaga arsip, lembaga manajemen rekod, serta lembaga dokumentasi. Lulusan Ilmu Perpustakaan ini bisa juga bekerja di perusahaan besar, karena setiap perusahaan itu pasti ada dokumennya yang jumlahnya bisa satu ruangan atau lebih. Jika semua perusahaan butuh tenaga kerja ini, maka peluang kerja yang akan Sobat FoKus dapatkan bisa semakin lebar karena lulusan ini tak banyak disebabkan sepi peminat.

2. Administrasi Negara

Sobat FoKus yang tertarik dalam bidang ketatanegaraan, tak ada salahnya menggali informasi tentang Jurusan Administrasi Negara. Di jurusan ini, kita bisa mempelajari tiga eleman dalam negara, yiatu fungsi legislatif, yudikatif dan eksekutif. Di antara jurusan IPS yang lain, bisa dikatakan jurusan ini termasuk yang sepi peminatnya. Meskipun sepi peminat, passing grade untuk bisa lolos jurusan ini juga cukup sulit lho ternyata. Dilansir dari laman mamikos.com, data 2017 bisa lolos di jurusan ini harus melewati passing grade 45,30% di Universitas Padjajaran dan 42,7% di Universitas Indonesia.

3. Sastra Rusia

Yang sudah pernah menonton Captain America: Winter Soldier pasti tahu dong betapa kerennya Winter Soldier dalam melafalkan kata-kata berbahasa Rusia. Bahasa nasional Negeri Beruang Merah ini terkenal akan konsonannya yang banyak dan keunikan hurufnya itu. Di Indonesia, bahkan mungkin di seluruh dunia, Jurusan Sastra Rusia juga salah satu yang sepi peminatnya jika dibandingkan dengan sastra bahasa lainnya seperti Sastra Inggris atau Sastra Korea. Padahal kalau Sobat FoKus bisa mengusai bahasa Rusia yang terkenal sangat sulit, kalian bisa jadi orang yang banyak diminta jasa penerjemahnya lho di masa yang akan datang.

4. Aktuaris

Karena perkembangan bidang asuransi di Indonesia semakin baik, maka akan banyak juga instansi yang membutuhkan orang yang ahli di bidang Aktuaris. Lulusan dari jurusan Aktuaris ini nantinya berprospek untuk menjadi seorang tenaga ahli yang bisa menghitung risiko sekaligus biaya bagi perusahaan asuransi.

5. Filsafat

Filsafat merupakan jurusan yang tepat bagi Sobat FoKus yang penuh rasa ingin tahu. Jika kalian suka bertanya dan mendebat pendapat di sekitar kalian, maka filsafat merupakan jurusan yang ideal. Ilmu Filsafat adalah tempat di mana kita bisa menggunakan logika berpikir dan bahasa yang mendalam. Meskipun tidak ada jenjang karir tertentu bagi lulusan filsafat, gaji awal rata-rata untuk lulusan Jurusan Filsafat adalah sebesar £21.096 per tahun. Selain itu, terdapat beragam pilihan pekerjaan yang tersedia. Kebanyakan lulusan bekerja di bidang jurnalistik, bisnis, dan keuangan, karena keahlian analisa yang mereka dapatkan selama kuliah.

Itu tadi beberapa jurusan IPS yang sepi peminat pada SNMPTN tiap tahunnya. Terus ikuti perkembangan informasi seputar dunia kampus di Infokampus.news, ya! (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published.