Jurusan Psikologi Saintek dan Soshum Ternyata Beda Lho!

Infokampus.news – Psikologi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku, atau ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa.  Ilmu yang mempunyai kaitan erat dengan kepribadian dan emosi manusia ini bisa kalian pelajari secara komprehensif di bangku kuliah dalam jurusan Psikologi. Selama ini banyak yang mengira bahwa Psikologi adalah kelompok ilmu sosial dan humaniora (soshum) saja. Ternyata, Jurusan Psikologi ini terbagi menjadi dua macam lho, yakni Psikologi kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dan Psikologi kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum). Apa sih bedanya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Jurusan Psikologi di Jalur yang Berbeda: Saintek dan Soshum

Berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran, Jurusan Psikologi masuk ke ranah Saintek. Psikologi Saintek ini mencakup ilmu pengetahuan dan praktis mengenai kepribadian, emosi, perilaku, cara berpikir, serta mental seseorang dari segi kesehatan. Nantinya, materi yang dipelajari lebih ke arah biologi meskipun tetap ada ilmu sosial dan humanioranya. Jurusan Psikologi kelompok Saintek ini umumnya hanya dapat dipilih oleh para lulusan SMA IPA karena masuk ke dalam bidang kesehatan yang biasa dipelajari di mata pelajaran IPA seperti Biologi dan Kimia.

Sementara itu, Psikologi kelompok Soshum berada di bawah naungan Fakultas Psikologi dengan program studi Ilmu Psikologi. Sedikit berbeda dengan Psikologi Saintek, Psikologi Soshum tidak menggunakan prinsip-prinsip ilmu biologi sebanyak di kelompok Saintek, karena fokus utamanya adalah sosial dan humaniora itu sendiri. Meskipun sasarannya adalah calon mahasiswa dari latar belakang Soshum dalam hal ini lulusan SMA IPS atau Bahasa, tidak menutup kemungkinan anak IPA juga bisa diterima di jurusan ini karena lebih tidak kompleks dari Psikologi Saintek.

Perbedaan materi yang diajarkan dalam Jurusan Psikologi kelompok Saintek dan Soshum:
Kelompok Saintek Kelompok Soshum
Statistika Logika dan Penulisan Ilmiah
Biopsikologi Bimbingan Pendidikan
Pengantar Neuro Psikologi Psikologi Sosial
Konsep Teknologi Psikologi Komunikasi dalam Kerja
Psikiatri Psikologi Industri dan Organisasi
Psikodiagnostika Psikologi Pendidikan dan Keluarga
Psikologi Kesehatan Psikologi Keluarga
Psikologi Klinis Masalah Psikologi Remaja
Psikologi Kepribadian Psikologi Perilaku Sosial
Psikologi Kognitif, dll. Psikologi Politik, dll.

Mayoritas perguruan tinggi di Indonesia membuka Jurusan Psikologi dalam kelompok Soshum, terbukti dari perbandingan jumlah kampus yang membuka Jurusan Psikologi kelompok Saintek dan Soshum di bawah ini.

Kampus dengan Program Studi Psikologi Saintek:
Kampus dengan Program Studi Psikologi Soshum:

Itu tadi hanya sebagian saja Sobat FoKus, masih banyak lagi kampus baik negeri maupun swasta yang membuka Jurusan Psikologi.

Sudah paham kan sekarang perbedaan Psikologi Saintek dan Soshum? Bagi Sobat FoKus yang tertarik dengan bidang ini, pertimbangkan matang-matang sebelum mendaftarkan diri. Jangan sampai salah jurusan. Semangat! (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published.