Jurusan Unik di Luar Negeri Ini Cocok untuk Calon Maba Zaman Now!

Infokampus.news – Zaman sekarang, begitu banyak mahasiswa yang mengeluh salah jurusan di tengah-tengah masa studinya. Alasan tidak sesuai passion lah, membosankan lah, dan hal-hal lain yang menjadi dalih mereka molor kuliah alias lulus tidak tepat waktu. Namun beberapa perguruan tinggi luar negeri ini menyediakan jurusan-jurusan baru nan unik yang dijamin nyaman dan sesuai passion mahasiswanya loh. Pasti maba zaman now bisa lulus tepat waktu nih di jurusan unik di luar negeri ini.

Ikuti Perkembangan Zaman, Jurusan Unik di Luar Negeri Ini Layak Dicoba
1. Beatles, Popular Music and Society

Jika kalian Beatlemania, pasti kuliah di jurusan ini bakal membakar semangat kalian! Jurusan Beatles, Popular Music, and Society ini mempelajari pengaruh musik The Beatles terhadap perkembangan budaya pop dalam hal konstruksi identitas, audiensi, etnis dan industri, serta lokalitas. Perguruan tinggi luar negeri yang membuka jurusan ini adalah Liverpool Hope University, Inggris. Subjek yang akan dipelajari nantinya adalah seputar musik pop, musikologi, dan sejarah The Beatles. Jangan khawatir, jurusan yang berdasar pada band rock asal Liverpool ini tidak asal-asalan dibuat lho. Lulusannya berpeluang kerja menjadi pakar studi musik pop atau sejarawan Beatles.

2. Adventure Education

Nah, ini nih yang paling pas buat kalian yang berjiwa petualang. Jurusan Adventure Education fokus pada penerapan the Great Outdoors untuk mengenalkan dan mengekspos petualangan-petualangan menantang, pertumbuhan pribadi, dan penemuan jati diri kepada anak-anak, orang dewasa, dan populasi beresiko. Jurusan ini bisa kalian temukan di Plymouth State University, New Hampshire, Amerika Serikat. Mata kuliah yang akan dipelajari antara lain dasar-dasar panjat tebing, dasar-dasar kayuh dayung, dan ekspedisi padang gurun. Wah, seru juga ya! Jadi ini nih yang namanya kuliah rasa liburan?

3. Mortuary Science

Mendengar kata “mortuary” kok agak merinding-merinding gimana gitu ya? Mortuary dalam Bahasa Indonesia berarti kamar mayat. Jadi, jelas sudah, yang akan dipelajari di jurusan ini adalah hal-hal yang berkaitan degan kamar mayat, meliputi semua fase pelayanan pemakaman dan pengembangan keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi standar perawatan dalam menangani kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan yang terkait dengan persiapan dan perawatan mendiang. Jurusan yang bikin merinding bulu kuduk ini bisa ditemukan di University of the District of Columbia Community College. Tertarik?

4. Video Game Studies

Ingin main game di kelas tanpa khawatir kena marah? Ini dia jurusan yang kalian cari! University of Central Florida membuka satu jurusan unik yaitu Video Game Studies. Sedikit berbeda dengan serial web Video Game High School yang bercerita tentang adanya sekolah tentang video game di mana siswanya belajar membuat game dan strategi bermain game karena dikisahkan video game adalah cabang olahraga favorit di masa itu, Video Game Studies milik University of Central Florida ini mempelajari bagaimana teknik permainan dan bagaimana membangun grafis video game. Jadi, ini sih lebih diarahkan untuk para pencipta dan pengembang game ya. Meskipun demikian, mahasiswa jurusan ini pasti lebih banyak main game di kelas dong!

5. Meme Studies

Wah, siapa nih yang hobi scroll down linimasa Instagram sambil saling tag meme-meme dengan kawan-kawan dekatnya? Sebenarnya jika dikritisi, meme ini adalah salah satu objek yang menarik untuk bahan penelitian. Sejauh ini, sejumlah skripsi linguistik telah dibuat yang mengkritisi hal-hal dalam meme yang sering luput dari perhatian sebab orang kebanyakan hanya menganggapnya sebagai hiburan. Namun siapa sangka, Northwestern University memandang meme seolah menemukan berlian mentah yang siap diolah. Di Northwestern University, Evanston, Illinois, ada jurusan yang khusus mempelajari tentang meme. Bahkan banyak mahasiswa yang setelah belajar ilmu meme disini jadi lebih lucu dan jago ngelawak. Mengingat betapa lekatnya pemuda masa kini dengan internet, Northwestern University melihat adanya peluang di jurusan khusus ini yang mempelajari sejarah hingga bagaimana meme bisa viral. Nah, daripada hanya sekadar share meme, mengapa tak coba ambil jurusan ini dan bertualang di luar negeri?

Sebenarnya masih banyak lagi jurusan-jurusan unik di luar negeri yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Sobat FoKus sebelumnya. Jika menurut kalian kuliah itu berat, mungkin Sobat FoKus boleh lah mengadu nasib di negeri orang demi mengejar passion. Tidak ada salahnya mencoba, bukan? (him)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ajak Siswa SMA SMK Berpikir Kritis, ITN Malang Gelar ESCIVE

Hari ini satu sudut kampus ITN Malang ramai digunakan sebagai ajang lomba kuat tekan beton tingkat SMA dan SMK. Kompetisi...

Close