Kabar Duka, Larry Tesler Penemu Copy Paste Meninggal Dunia

INFOKAMPUS.NEWS – Dunia kehilangan salah satu sosok penting dalam dunia teknologi. banyak yang belum mengetahui sosok ini, Larry Tesler merupakan penemu konsep copy paste yang kita kenal sekarang.

Dilansir melalui BBC, Larry meninggal dunia pada tanggal 17 Februari 2020  di usia 74 tahun, sejauh ini tidak disebutkan penyebab dia wafat.  Larry menciptakan konsep cut, copy dan paste ketika bergabung deng Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1973. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang pembuat graphical user interface (GUI). 

Ia menanamkan konsep tersebut dalam aplikasi bermana Gypsy, yang ia buat bersama rekan kerjanya yakni Tim Mott. konsep cut, copy dan paste tersebut dapat diakses melalui menu klik kanan. Oh iya, Larry bekerja di Xerox PARC hingga 1980, lalu ia beralih ke perusahaan ternama Apple Computer hingga 1997. selama 17 tahun, ia pernah menduduki sejumlah jabatan tinggi di Apple Computer.

Larry pernah menajabat posisi Manager hingga Vice President dan Chief Scientist. ia sempat berkontribusi terhadap sejumlah produk Apple, seperti Macintosh, Quick Time, Lisa dan tablet Newton.  Macintosh dan Lisa merupakan komputer pertama yang mempopulerkan konsep cut, copy dan paste. lepas dari Apple, ia kemudian mulai menjajaki beberapa perusahaan teknologi besar, seperti ARM (1990-2004), Amazon (2001-2005), Yahoo (2005-2008), 23andMe (2008-2009), dan Mine (2013-2015).

Dia juga menjadi kontraktor teknologi independen yang giat menyebarkan ilmu mengenai coding ke anak-anak muda di Amerika. sangat pentingnya fitur sjeuta umat ini, tampaknya memang harus berterima kasi kepada Larry Tesler atas penemuannya. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published.