Kabar Gembira! Mendikbud Wajibkan Perguruan Tinggi Bebaskan Mahasiswa Belajar di Luar Kelas

INFOKAMPUS.NEWS – Ada bebeapa kebijakan dalam konsep Kampus Merdeka yang diperkenalkan oleh Nadiem Makarim salah satunya mengenai otonomi mahasiswa untuk mengambil dua semester di luar kelas.

“Ini adalah delapan semester dari mahasiswa S-1, dari delapan semester itu kami sebagai Kementerian memberikan hak dua semester dari delapan semester itu isa diambil di luar prodi,” ungkap Mendikbud.

Kuliah itu diibaratkan sebuah aktivitas renang. Selama ini mahasiswa hanya diajarkan satu gaya saja dalam berenang. terlebih lagi, berenang tersebut dilakukan di kolam rennag yang kondisi airnya tenang.  maka jika dalam kondisi seperti ini, mahasiswa akan kesulitan berenang manakala ia dilepas ke laut bebas.

“Saat ini semua mahasiswa kita hanya belajar satu disiplin, lalu dia latihan berenang yang nantinya akan di laut cuma di kolam renang yang aman yang ada berbagai macam, ada alat-alat ekamanan, nggak ada ombak, gak ada arus, gak ada cuaca. jadi gimana nanti pada dida nyebur di laut terbuka dia bisa survive”

Baca Juga :  7 Peluang Kerja Teknik Nuklir yang Perlu Diketahui!

Nadiem makarim berharap dengan membebaskan mahasiswa belajar di luar kelas selama dua semester, mahasiswa belajar berbagai macam pengetahuan di lapangan. kegiatan dua semester di luar kelas seperti magang atau kerja praktek dan juga mengajar di slaah satu sekolah di daerah terpencil.

Selain juga melakukan riset dengan dosen ataupun membantu mahasiswa S2 atau S3 melakukan penelitian, bahkan proyek kewirausahaan bisa digunakan mahasiswa untuk menambal dua semester perkuliahan di luar kelas.

Nadiem mewajibkan konsep ini diterapkan di seluruh perguruan tinggi. setelah peraturan Menteri pendidikan terbit, maka peraturan tersebut efektif berlaku bagi seluruh universitas di Indonesia.

“Saya harus tekankan ini bukan pemaksaan (bagi mahasiswa). kalau mahasiswa itu ingin 100 persen di dalam prodi, ini adalah hak mereka. ini adalah opsinya untuk mahasiswa. ada satu exception adalah hanya untuk bidang kesehatan. semua bidang kesehatan moon maaf tidak termasuk dalam ini, tapi untuk semua program studi semua lainnya ketentuan ini berlaku ya,” tanda Nadiem. (Edt) 

 

Baca Juga :  Ghost Writer 2 Akan Tayang di Bioskop Indonesia Mulai 21 Juli 2022, Simak Sinopsisnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.