Kabar Gembira, Tanoto Foundation Berikan Beasiswa bagi 150 Mahasiswa

Infokampus.news – Tanoto Foundation pada tahun ini menyediakan beasiswa Teladan bagi 150 mahasiswa. Beasiswa Teladan ini merupakan salah satu bentuk upaya dari Tanoto Foundation untuk membantu dalam melahirkan calon pemimpin bangsa yang dapat memimpin diri sendiri dan orang lain. Program ini juga akan diiringi dengan pelatihan kepemimpinan yang bertujuan untuk membentuk mahasiswanya menjadi pribadi yang membawa pengaruh positif bagi komunitas dan lingkungan kerjanya.

Sebelumnya Tanoto Foundation juga telah mengadakan program Sigap bagi anak usia dini dan program Pintar untuk pendidikan dasar. Dan program Teladan sendiri menjadi program lanjutan tingkat sarjana dari dua program tersebut.

Seleksi mahasiswa untuk program ini akan melalui 3 tahapan yakni seleksi kelengkapan administrasi, tes psikologi dan yang terakhir adalah tahap wawancara. Mahasiswa yang direkrut berasal dari mahasiswa semester satu pada jenjang sarjana. Beasiswa ini akan didapatkan pada semester dua hingga semester delapan. Tidak hanya biaya kuliah saja, program Teladan ini juga memberikan biaya hidup setiap bulan sebesar 40%  dari UMR.

Baca Juga :  UMM Jadi Tuan Rumah MoU Perpustakaan Nasional RI dengan 72 Kampus di Jawa Timur

Adapun perguruan tinggi yang bekerja sama pada program beasiswa Teladan yakni IPB, ITB, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Riau, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya dan Universitas Diponegoro.

Persyaratan

Syarat-syarat yang harus dipebuhi bagi peserta beasiswa adalah:

  1. Merupakan warga negara Indonesia (WNI).
  2. Telah terdaftar sebagai mahasiswa semester satu pada perguruan tinggi negeri mitra beasiswa Teladan.
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik (minimum rata-rata rapor kelas tiga SMA/SMK/MA adalah 9 dari skala 10).
  4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat dan memiliki komitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.
  5. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia secara baik. Kemampuan dalam bahasa inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah.

Pendaftaran beasiswa Teladan dapat dilakukan secara online pada situs web Tanoto Foundation

Tahapan seleksi

  1. Seleksi dokumen

Tahap ini berupa pemeriksaan kelengkapan administrasi  dan dokumen

  1. Tes psikologi

Peserta yang lolos pada tahap pertama selanjutnya akan mengikuti tes psikologi yang mencangkup asesmen intelegensi, kemampuan memberikan solusi, mengatasi konflik, mengambil keputusan, dan potensi kepemimpinan.

  1. Wawancara
Baca Juga :  FEB UNISMA Ikuti Program Student Mobility Di Malaysia

Tahapan wawancara ini dilakukan oleh pihak Tanoto Foundation untuk mengetahui karakteristik pelamar melalui interaksi secara langsung .

Program beasiswa teladan akan mulai dibuka untuk angkatan tahun 2019 pada bulan Agustus-September 2019. Adapun untuk mengetahui informasi lebih lanjut peserta dapat langsun mengakses ke https://www.Tanotofoundation.org/id/.  (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *