Kabupaten Kepulauan Mentawai Gandeng UB Guna Kembangkan Potensi pariwisata

Infokampus.news, Malang –  Potensi Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam sektor pariwisata memang sangatlah besar. Dengan wilayah 75 persen berupa lautan , Kabupaten Kepulauan Mentawai diakui mempunyai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Namun, dapat diakui bahwa pengemabangan sektor pariwisata di Kabupaten Kabupaten Kepulauan Mentawai dirasa belumlah maksimal dikarenakan tidak didukung oleh Sumberdaya Manusia (SDM) yang Memumpuni. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, SE., MM saat acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) Kabupaten Mentawai dengan Universitas Brawijaya (UB), Kamis (8/6/2017), di Ruang Rapat Lantai Tujuh Gedung Rektorat.

Kerjasama yang dijalin UB dan Kabupaten Kepulauan Mentawai ini dimaksudkan untuk melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Seperti dilansir di Laman UB, Yudas menyampaikan, saat ini 23 persen penduduk belum mengenyam pendidikan atau tidak tamat SD.

“”Kami ingin penduduk Mentawai dapat mengenyam pendidikan yang lebih baik agar dapat membangun daerah,” Ungkap Yudas.

Rektor UB Sambut Baik Kerjasama Dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai

Sementara itu, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS dalam sambutannya menyampaikan, saat ini di kampus UB sendiri dalam penyelenggaraan pendidikannya telah memiliki program sarjana, pascasarjana, dan vokasi, serta pendidikan mulai PAUD sampai SMA dapat memberikan bantuan dari segala sisi.

“Kami memberi kesempatan kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk dapat memberikan beasiswa kepada putra-putri daerah agar dapat mengenyam pendidikan di UB, tentunya akan kami prioritaskan untuk diterima di sini,” Pungkasnya.

Selain itu, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Beberapa Dekan dari Fakultas yanga ada di UB seperti, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Bupati Kepulauan Mentawai Harap Putra-Putri Mentawai Gali Ilmu Bermanfaat di UB

Lebih Lanjut, Yudas berharap dengan menimba ilmu di UB, putra putri Mentawai dapat merasakan interaksi budaya, sehingga dalam beberapa tahun ke depan mereka bisa menjadi pemimpin yang berwawasan nasional.

“Untuk jangka waktu panjang, kami berharap dapat bekerja sama dengan UB dalam hal penataan pemukiman, mumpung daerah kami belum terlalu crowded dan lahan masih luas. Kami juga ingin membangun sekolah internasional dan pelabuhan internasional,” Ungkapnya. (uch)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Bersama Keluarga Besar ITN Rektor Berharap Toleransi dan Persatuan Makin Kuat

Dalam acara buka bersama keluarga besar ITN (Institut Teknologi Negeri) yang digelar di aula kampus 1 malam ini berlangsung penuh...

Close