Kafilah Lomba Karya Tulis Al-Quran MTQMN XV 2017 Ini Buat Energi Baru Dari Limbah Buah Pasar!

Infokampus.news, Malang – Memasuki hari kedua penyelenggaraan kegiatan lomba Karya Tulis Al-Quran MTQMN XV 2017 yang bertempat di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya (UB), kegiatan ini makin diisi oleh ide-ide baru tentang pemecahan solusi lingkungan dan sosial di masyarakat hasil dari karya tulis para kafilah lomba Karya Tulis Al-Quran MTQMN XV 2017.

Salah satu ide menarik yang berkesempatan untuk dipresentasikan dalam lomba ini adalah milik tim kafilah Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang). dala pemaparan tim kafilah UIN Malang, mereka kali ini mempresentasikan karya ilmiah mereka tentang pemanfaatan limbah biotanol yang berasal dari limbah buah pasar yang mereka namakan Fruit Tanol.

“Karena limbah buah pasar itu semakin busuk maka kandungan glukosanya makin tinggi. apalagi bila dibiarkan saja limbah tersebut hanya akan menggangu lingkungan,” Ungkap kafilah dari UIN Malang Tersebut.

Fruitanol Bentuk Dukungan Terhadap Program Energi Baru dan Terbarukan Indonesia di Tahun 2050

Untuk aplikasi penelitian itu sendiri mereka akan melakukan beberapa proses atau prosedur agar limbah buah pasar bisan menjadi suatu energi baru dan terbarukan. Apalagi pemerintah saat in sedang gencar menyuarakan kedaulatan Energi baru dan terbarukan di tahun 2050.

“Untuk prosesnya yaitu kami akan laukukan pengumpulan limba pasar, lalu akan dilakukan penghalusan limbah, setelah itu dikomposisikan dengan buah air dan ragi sehingga kemudian terfermatasi, setelah itu kami lakukan destilalsi pemurnian biotanol yang akan menghasilkan fruit tanol. Ini  juga suatu bentuk inovasi kami yang mendukung program pemerinah mencapai kedaulatan Energi baru dan terbarukan di tahun 2050,” Pungkasnya

Di penyelenggaraan lomba Karya Tulis Al-Quran MTQMN XV 2017 memang banyak sekali ide-ide menarik hasil pemikiran para kafilah yang tentunya berdasarkan ayat Al-Quran. Untuk pelaksaanaan lomba Karya Tulis Al-Quran MTQMN XV 2017  ini sendiri masih akan berlangsung hingga tanggal 1 Agustus 2017. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

(Live Report) Hari Kedua, Lantunan Peserta di Musabaqah Hifzhil Qur’an Memukau Dewan Hakim

Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional sudah memasuki hari kedua, hari ini dijadwalkan akan ada 75 peserta dari setiap perguruan tinggi yang...

Close