Kaji Isu Strategis,Unisma Usung Program Kampus Ramadhan

INFOKAMPUS.NEWS – Terus membuat terobosan, kali ini Universitas Islam Malang (Unisma)  membuat sebuah channel youtube dan bekerjasama dengan NU Chanel (TV milik Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU)).

Kampus berslogan Dari NU Untuk Indonesia dan Peradaban Dunia ini menggarap Program Kajian Milenial dan Pustaka Spiritual di bulan Ramadhan yang disingkat Kampus Ramadhan.

Kampus Ramadhan yang dipandu oleh Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si sebagai Host dan didampingi Daris Zubaida, S.AB., M.AB. sebagai cohost dikemas dengan gaya milenial namun berbobot sehingga sayang untuk dilewatkan.

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dalam teaser yang di unggah di akun youtube Humas UnismaOfficial menyampaikan bahwa dalam Program Kampus Ramadhan hasil kolaborasi Unisma dengan NU Chanel ini dipersembahkan untuk membangun budaya dan peradaban dunia.

“Di kampus Ramadhan akan mengkaji lebih mendalam tentang isu-isu strategis yang bersifat kekinian dan ditilik dari prespektif masa lalu masa kini hingga masa mendatang. Semua itu dikemas secara futuristik. Selain itu juga akan kita sajikan diskusi publik, tausiyah spiritual dan hiburan yang menyejukkan selama bulan Ramadhan” ujar Rektor Unisma.

Baca Juga :  Buka 4 Fakultas Baru, Universitas Pertahanan Gratiskan Biaya Kuliah

Wakil Rektor 4 Unisma Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, MP menjelaskan bahwa Unisma sebagai Perguruan Tinggi NU terbesar di Indonesia bersama dengan NU Channel TV Streaming berniat mengisi bulan ramadhan dengan kajian-kajian terkini, problematika aktual di masyarakat dan dikaitkan dengan konsep-konsep islami.

“Misal problematika terkini tentang pendidikan di era Revolusi Industri 4.0, Unisma merespon dengan meneladani tokoh pendidikan islam dan nasional contohnya Imam Al-Ghazali dan Ibnu sina. Tokoh pendidikan nasional misalnya Ki Hajar Dewantoro dengan semboyannya : ing ngarso sung tulodho (di depan memberi contoh), ing madyo mbangun karso (ditengah memberi spirit kekuatan) dan tutwuri handayani (di belakang memberi motivasi)” terang Wakil Rektor 4.

Lebih lanjut Dr. Istirochah pun menyebutkan beberapa narasumber yang turut ambil bagian dari Program kampus Ramadhan, antara lain Tokoh masyarakat seperti Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar, Para alumni Unisma dari berbagai unsur seperti Ir. H. Punjul Santoso, SH., MM Wakil Wali Kota Batu (Eksekutif), Nurul Setyowati, SE Alumni FEB dan Anggota DPRD Kota Malang (Legislatif), M. Nurruddin, S.Pt., MP Ketua Ikatan Alumni Unisma , hingga alumni yg bergerak di bidang entrepreneur, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Para Wakil Dekan/Wakil Direktur hingga Ketua Progam Studi di Lingkungan Universitas Islam Malang juga turut ikut ambil bagian.

Baca Juga :  Gorontalo PSBB, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Luncurkan Aplikasi

“Pemilihan materi pun tiap harinya bermacam-macam mulai dari Puasa dalam Perspektif Kesehatan, Puasa dalam Kajian Kesalehan Ritual dan Sosial, hingga kajian-kajian terkini tentang bidang ilmu di 10 Fakultas dan Pasca Sarjana.” pungkasnya.

Program ini nantinya akan tayang setiap hari pukul 16.00 WIB selama bulan Ramadhan di NU Channel TV, Chinasat 11 98 Bujur Timur LNB FREQ 12,500 SYM Rate 43,200 Polarisasi Vertikal. (Hum/Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *