Kali Pertama UM Gelar Pemira dengan Sistem e-Vote!

Infokampus.news, Malang – Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) Universitas Negeri Malang (UM) akan segera dimulai per-Desember 2016 mendatang. Setiap organisasi intra kampus akan dirombak total kepengurusannya setelah diadakannya tahapan ini. Januari tahun depan mahasiswa UM akan digantikan para pengurus dan kepemimpinannya yang baru.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, UM akan melaksanakan Pemira berbasis teknologi melalui E-Vote untuk pemungutan suara.

“Jadi kali ini kita oleh pihak kampus disediakan fasilitas terbaru, yaitu nanti kita pemilihannya menggunakan e-vote atau electronic vote,” jelas Irma Patriana ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Sastra.

Baca Juga :

E-Vote dilakukan melalui situs web siakad (sistem akademik) namun tata cara pemilihan secara detai, diakui mahasiswa semester 3 ini akan segera diberi pengarahan oleh pihak kampus.

Mengingat kali pertama melaksanakan Pemira dengan e-vote, membuat panitia mempersiapkannya dengan matang. Pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat mahasiswa ini, terutama pada sistem baru yang akan digunakan mulai pemilihan periode ini.

Terinspirasi dari Universitas Lain

Irma juga menyebutkan, ide ini muncul setelah pihak internal kampus melakukan studi banding ke universitas lain. Sejumlah kampus sudah menggunakan sistem e-vote sejak lama. Seperti ITS dan beberapa kampus lain sudah menggunakan sistem ini karena memang lebih menghemat anggaran sekaligus juga hasil yang diperoleh lebih reliable.

“Setelah studi banding ke beberapa universitas sudah pakai itu, akhirnya kami selaku panitia pemilihan ya ngikut saja dengan peraturan baru. Karena memang lebih hemat anggaran ya nggak butuh kertas kan, selain itu hasilnya lebih mutlak, meminimalisir kesalahan dengan sistem ini,” pungkasnya.

Penulis : Irma Puspita
Editor : Galuh Pandu

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Setelah Pertanian, UB Tambah Lagi 2 Guru Besar di Bidang Kesehatan
Setelah Pertanian, UB Tambah Lagi 2 Guru Besar di Bidang Kesehatan

Universitas Brawijaya (UB) kembali menambah jumlah guru besar. Dua guru besar di bidang kesehatan hari ini dikukuhkan di Gedung Widyaloka...

Close