Kamar Kos Sempit Tapi Ingin Ruangan Sejuk dan Udara Bersih? Simak Tips Arsitek Ini!

Infokampus.news, Malang – Pilihan tempat kos yang cukup lapang dengan sirkulasi udara yang baik, saat  ini mulai sulit ditemukan di kota-kota besar. Padahal, setiap orang tentunya membutuhkan sirkulasi udara yang baik dan juga tempat yang luas agar kesehatan psikologi dan fisik tetap terjaga dengan baik.

Itulah yang disampaikan oleh Agung Murti Nugroho, Ph.D., dosen arsitektur Fakultas Tehnik Universitas Brawijaya Malang (UB).

“Itu memang yang selalu kami sampaikan ke mahasiswa, tantangan mereka adalah mendesain ruang kecil sempit tapi sehat nyaman dan senang.” Tuturnya saat ditemui di sela pekerjaannya.

Menurutya level baiknya sebuah rumah atau kamar hunian adalah jika penghuninya sehat, nyaman dan senang.

“Senang kan indikator masyarakat sejahtera,” tambahnya.

Ciptakan Dinding Bernafas dan Ruang Transisi Akan Ciptakan Sirkulasi Udara Baik dan sehat

Menurut Dosen lulusan University of Technology Malaysia ini,  membuat penghuni kos sehat dan senang tidaklah membutuhkan dana banyak. Hal ini bisa dilakukan jika sang pemilik kos membangun rumah dengan sistem dinding bernafas, yakni dinding dengan menggunakan roster.

“Sekarang sudah banyak muncul arsitek kontemporer, seperti di surabaya itu kita bisa lihat dari youtube mereka menggunakan roster sebagai dinding kamar mereka. Ini sebenarnya juga saling menguntungkan, ibu kosnya murah biaya pembangunannya dan si penghuni kos bisa nyaman karena roster itu bisa menyaring udara, mudah, murah dan nyaman.” Jelasnya.

Selain menggunakan roster sebagai dinding kamar, sebaiknya area kos diberi ruang transisi antara lingkungan rumah dan kamar. Jika ruang transisi, misalnya lorong ada didepan kamar dan ditumbuhi banyak tanaman, maka kamar akan terasa dingin dan penggunaan kipas angin maupun ac akan berkurang drastis.

“Pembuatan ruang transisi antara lingkungan rumah dan kamar juga penting, jadi pas ada udara panas masuk kedalam bisa dihentikan ketika di ruang transisi ada tanamannya. Sehingga kamar tidak akan terasa panas,” Tandasnya.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menjadi Pengusaha Yang Peka Terhadap Keuntungan

Menjadi pengusaha bukan sebuah hal yang sulit, semua orang dapat dengan mudah menjadi seorang pengusaha namun sedikit yang bisa peka...

Close