Kampus 3 UIN Maliki Malang Mulai Dibangun!

Infokampus.news – Pada hari kamis silam, rektor UIN Maliki malang beserta beberapa pejabat kabupaten meresmikan pembangunan gedung kuliah baru kampus 3. Pembangunan Kampus 3 yang berlokasi di Desa Tlekung, Kota Batu ini resmi dimulai dengan pemancangan pertama tiang Gedung Fakultas Kedokteran. Acara sakral ini disaksikan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko dan Rektor UIN, Mudjia Raharjo dan segenap civitas akademik UIN.

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang sedniri berpendapat sudah lama UIN memimpikan membangun Fakultas Kedokteran. Butuh lima tahun prosesnya untuk ke luar SK dari pemerintah pusat.

“Kami juga harus menyiapkan mata kuliah lima tahun mendatang, pengajar dan sarana prasarananya. Pembangunan diawali satu gedung dan harus selesai Desember,” katanya pada media.

Upaya dan Dukungan Berbagai Pihak

Pak Mudji juga menyampaikan bahwa pembangunan kampus 3 ini tidak akan dimulai tanpa dukungan pemerintah daerah. Untuk itu beliau sangat mengapresiasi keterbilatan berbagai pihak ini.

“Jika dibolehkan pak wali, gedung ini nanti kami beri nama Brigjend Soegiono,” ungkapnya.

Selain itu ditargetkan pembangunan kampus 3 UIN selesai lima tahun kedepan. Hal tersebut dirasa cukup untuk waktu pembangunan, dan dari luas 100 hektare hanya akan terpakai 35 persen, selebihnya dimanfaatkan kawasan hijau.

“Anggaran awal Rp 50 miliar dari SBSN untuk gedung Fakultas Kedokteran dengan luas 6700 meter per segi Kami juga akan bangun Fakultas Teknik, Mipa, Fisip, Agama dan rumah sakit serta Rusunawa,” jelasnya.

Baca Juga :

Pemerintah Setempat Sambut Baik Pembangunan Kampus

Seperti dilansir dari Malang Voice, Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, menyambut baik adanya pembangunan kampus UIN di wilayah Kota Batu. Pemerintah sangat mendukung adanya pembangunan ini meskipun awalnya sempat diharapkan tidak dibangun kampus di wilayah kota Batu.

“Sejak awal dan hampir selesai menjabat, saya terus mengatakan di Kota Batu jangan sampai ada kampus. Tapi, tidak tahu kenapa, hadirnya kampus UIN ini langsung disetujui,” katanya kemudian.

Namun demikian, tidak hanya membangun secara fisik, tetapi nantinya diharapkan dapat melahirkan putra-putra terbaik di Indonesia.

“Warga sekitar dapat merasakan megahnya kampus ini, dari sini akan lahir putra-putri kebanggaan bangsa Indonesia. Di sisi lain warga merasakan dampak ekonomi, sosial dan lainnya,” imbuhnya kemudian. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unair Membuka Lowongan Dosen Tetap, Yuk Daftar!

Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu universitas negeri yang telah lama berdiri di Indonesia. Pada tahun ini universitas

Close