Kampus Biru, Universitas Brawijaya

Kampus Biru, Universitas Brawijaya (biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW atau singkatan resmi UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden no. 196 tahun 1963 yang kemudian tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Brawijaya.

Jumlah mahasiswa saat ini lebih dari 55 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister, dan program Doktor selain program Spesialis tersebar dalam 15 Fakultas dan 2 Program pendidikan setara fakultas.

Sampai sekarang Universitas Brawijaya masih dapat mempertahankan akreditasi A mereka.

Bagaimana Biaya Pendidikan di UB?

Sejak tahun 2013, UB menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal atau biasa disebut UKT. Dengan sistem ini, mahasiswa tidak lagi harus membayar uang gedung. Semua biaya, termasuk uang pratikum, dibayarkan bersamaan dengan SPP per semester, yakni UKT. UKT di UB beragam sesuai dengan jurusan dan fakultas dengan dibagi dalam enam kategori.

Kategori tersebut untuk mengelompokkan orang tua siswa dengan pendapatan yang berbeda, semakin tinggi pendapatannya, maka akan masuk kategori tertinggi. UKT paling rendah di setiap jurusan Rp 500 ribu, dan paling tinggi berada di program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran yakni Rp 21,4 juta.

Beasiswa juga diberikan, yakni mencapai 4.676 orang pada tahun 2010 mencapai Rp. 16 M. Beasiswa tersebut adalah BMU, Bidik Misi, PPA, BBM, Supersemar, Bank Indonesia, BRI, Toyota, Astra, IMHERE, Taspen, BNI, PGN, ETOS, BTN, Pertamina, Eka Tjipta, Indosat, Pegadaian, Daihatsu, Djarum, BCA Finance, CIMB Niaga, TNI, Yayasan Salim, Yayasan Kasih, IKOMA, KOSGORO, Semen Gresik, ORBIT, dan lain-lain. Pada tahun 2011, UB memberikan beasiswa pada 6.168 mahasiswa dan pada tahun 2012 pada 6.686 mahasiswa. Jumlah ini meningkat setiap tahunnya.

Untuk informasi beasiswa, UB telah menyediakan sebuah website khusus yaitu www.beasiswa.ub.ac.id yang mengumumkan informasi penawaran beasiswa maupun pengumuman penerimaan.

Apasih Perestasi UB Hingga Sekarang Ini?

Pada tahun 2008, UB masuk rangking 500+ dunia versi THES (QS World University Rangkings) bersama-sama 7 perguruan tinggi lain di Indonesia dan masuk peringkat 3 di antara perguruan tinggi di Indonesia versi Ditjen Dikti.

Pada tahun 2009, masuk rangking 191 di Asia menurut THES. Saat ini UB sebagai ”World Class Entrepreneurial University” telah mendapatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) A dan mayoritas program studi telah terakreditasi A. Pada tahun 2010, UB mendapat penghargaan dari Smart Campus Award 2010, dimana UB menjadi yang terbaik dalam kategori The Most Interactive LocalNode.

Mendapat peringkat 59 Asia Tenggara versi Webomatrics. Di bidang penelitian, publikasi ilmiah dosen dan perolehan patent, pada tahun 2010 telah meraih prestasi peringkat 5 terbaik dari seluruh PT di Indonesia.

Terus Apa Saja Jurusan dan Berapa Passing Gradenya?

Untuk jurusan IPA : dowload disini

Untuk Jurusan IPS & Bahasa : download disini

Buat kamu yang tertarik dengan Universitas Brawijaya, jangan ragu untuk memilih dalam pilihan SNMPTN, SBMPTN, atau mandiri mu.. So, Good Luck Guys! (AB)

 

Sumber : dikutip dari beberapa sumber

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketentuan Umum dan Persyaratan SBMPTN 2016

Peserta SBMPTN bisa melakukan pendaftaran secara on line dengan melihat tata caranya pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tata cara pengisian borang pendaftaran

Close