Kampus Ini Ciptakan Robot Pemindah Barang

Infokampus.news – Kini untuk memindahkan barang tak hanya bisa dilakukan oleh manusia, tetapi robot pun bisa melakukanya. Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) berhasil menciptakan robot pemindah barang hingga 600 kilogram dalam satu kali angkut.

Robot yang diberinama PENS Robot Intellegent Mover (PRIMo) itu mampu memindahkan barang-barang atau bahan baku hasil produksi dari satu tempat ke tempat lain.

Robot PRIMo bergerak secara otomatis, sementara untuk kecepatan jalannya dapat diatur.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengaku bangga dengan inovasi yang diciptakan oleh Kampus PENS karena material pembuatannya dilakukan oleh pihak kampus sendiri dan produknya diterima oleh industri.

“Dengan produk-produk seperti ini, program Revitalisasi Politeknik yang dicanangkan Pemerintah sudah mulai berhasil. Karena saat ini kami memang sedang menggenjot 12 Politeknik Negeri untuk direvitalisasi,” ucap Nasir di Surabaya.

Nasir juga meninjau proses perakitan Kapal yang dibuat oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) yang sudah banyak menghasilkan kapal-kapal laut dan digunakan oleh para nelayan maupun industri eksplorasi minyak.

“Majukan terus produk-produk kapal ini, saya sangat mendukung karena ini sebagai program dukungan untuk kemaritiman, dan yang paling penting segala sertifikasinya segera dilengkapi, sehingga industri dapat menangkap lebih cepat dan antar pulau di Indonesia dapat terhubung dengan baik,” tuturnya. (FAM)

 

Sumber: Ristekdikti

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Asyik Tahun Ajaran Kedua, Binus Malang Buka 6 Prodi

Kabar gembira untuk kalian pecinta industri kreatif di Kota Malang, sebab Institut Teknologi Kreatif Bina Nusantara (Binus) Malang kembali membuka...

Close