Kampus Ini Izinkan Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Beras

Infokampus.news – Biaya kuliah di perguruan tinggi biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, universitas di Thailand ini memiliki cara unik guna menyeimbangkan antara kebutuhan pendidikan yang ada dengan surplus beras di negaranya. Sehingga kampus-kampus ini izinkan para mahasiswanya membayar uang kuliah dengan beras.

Dinukil dari laman Fortune, Rabu (4/1/2017), Bangkok’s Rangsit University merupakan kampus swasta yang telah memulai menerima pembayaran kuliah dengan beras. Diawal terdapat 19 mahasiswa yang melakukan pembayaran unik tersebut.

Kebijakan ini ditenggarai oleh anjloknya harga dan banyaknya ekspor beras, sehingga banyak petani di Thailand yang berjuang untuk mendagangkan beras mereka. Bahkan beberapa petani ada yang menjual beras menggunakan Facebook.

Baca Juga :  Ingin Kuliah di London? Ini 5 Kampus Terbaiknya!

Salah satu siswa di jurusan inovasi sosial, Bangkok’s Rangsit University, Witsanu Sukmoonsiri, menuturkan mungkin dia harus menemui seorang rentenir untuk membiayai kuliahnya. Namun, dengan membayar kuliah menggunakan beras ini, hal itu tidak sampai terjadi.

Thailand merupakan negara kedua yang memiliki perekonomian terbesar dengan jumlah populasi mencapai 67 juta. Selain itu juga menjadi negara pengekpor beras terbesar di dunia, namun setengah dari hasil beras yang diproduksi dijual ke luar negeri.

Negara dengan julukan Negeri Gajah Putih itu memiliki sumber daya manusia (SDM) sebagai petani beras sebanyak seperempat masyarakatnya. Meskipun persediaan beras sendiri sudah mencapai delapan juta ton, namun produksi tersebut akan terus meningkat sampai tahun depan. (FAM)

Baca Juga :  Deretan Kampus dengan Seleksi Paling Ketat!

 

Sumber: Fortune

Berita Terkait

3 thoughts on “Kampus Ini Izinkan Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Beras

  • January 14, 2017 at 9:43 pm
    Permalink

    wah.. mantab nih bisa diimplementasikan juga di Indonesia

    Reply
  • January 14, 2017 at 9:46 pm
    Permalink

    cocok ini untuk negara agraris seperti kita

    Reply
  • January 14, 2017 at 9:55 pm
    Permalink

    semoga pemerintah bisa mencontoh & menerapkan sistem ini di Indonesia

    Reply

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak Ada Tes Tulis di Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Undangan UMM

UMM telah membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur undangan sejak Senin dan dikhususkan bagi siswa lulusan SMA sederajat yang berprestasi

Close