Rektor Baru Targetkan ITS Jadi Kampus Riset dan Inovasi Kelas Dunia 2025

Infokampus.news – Prof Mochamad Ashari terpilih menjadi Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya periode 2019-2024 dalam musyawarah mufakat dalam rapat pleno Majelis Wali Amanat ITS, Jumat (11/1/2019) lalu. Salah satu target dalam masa kepemimpinannya adalah terpilihnya ITS menjadi kampus riset dan inovasi kelas dunia di tahun 2025. Ashari menuturkan, target tersebut sesuai yang tercatat dalam rencana induk pengembangan yang disusun Majelis Wali Amanat (MWA) ITS.

“Pada 2025 itu, ITS ditargetkan menjadi World Class Research and Innovative University. Saya berkewajiban mencari cara agar target itu tercapai,” tutur mantan rektor Universitas Telkom ini, Minggu (13/1/2019).

Untuk mencapai target tersebut, ia menerangkan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, salah satunya terkait alumni. Alumni harus dapat mengisi sumber daya di Indonesia, seperti di perindustrian, pimpinan di lembaga, di kementerian dan sebagainya.

Berkenaan dengan dimulainya tantangan baru era revolusi Industri 4.0, kualitas mahasiswa akan lebih diperhatikan, kurikulum juga akan disesuaikan dengan tantangan zaman yang millenial. Dia juga ingin ITS memperkuat kajian di bidang pertambangan. “ITS ingin punya sumberdaya yang kompeten di bidang pertambangan. Ada jurusan teknik geofisika dan teknik geomatika yang dapat memberikan sumbangsih teknologi dan inovasi di bidang ini,” ujar doktor alumnus Curtin University Australia ini.

Ia mengatakan, urgensi terdekat di ITS adalah memperbarui seluruh laboratorium yang ada, karena menurutnya sebagian besar laboratorium telah berusia kurang lebih 30-an tahun. Laboratorium adalah salah satu prioritas, sebab ruangan berkelengkapan alat-alat observasi dan praktik tersebut adalah ujung tombak kampus riset dan inovasi seperti ITS.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ITS diminta memperbanyak Science Techno Park. “ITS ditarget memiliki 100 Science Techno Park. Lima tahun kedepan semoga bisa terwujud,” pungkasnya. (him)

Berita Terkait

  • Hari ini (24/5) sekitar 700 wisudawan dan para pendamping wisudawan memadati aula Universitas Gajayana Malang (Uniga Malang). Meskipun terlihat sama, namun dari tahun ke tahun Uniga Malang tetap
  • Infokampus.news - Kabar bahagia bagi kamu mahasiswa maupun mahasiswi yang aktif dalam Organisasi Kemasyarakatan Pemuda alias OKP, karena baru-baru ini Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengesahkan peraturan mengenai pembinaan Ideologi Bangsa. Peraturan Menteri nomor 55 tahun 2018 ini berbicara mengenai Pembinaan Ideologi Bangsa dan yang dimaksud OKP disini antara lain Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), serta Kesatuan…
  • Infokampus.news – Agribisnis muncul sebagai ilmu pengetahuan yang berkembang melalui keterpaduan berbagai sektor ekonomi yang bersumber dari sumber daya hayati. Ini dia lima prodi agribisnis terbaik yang ada di Indonesia versi infokampus.news. Prodi agribisnis dapat dikatakan sebagai jruusan yang sangat potensial dan lapangan kerjanya sangat besar. Lulusan agribisnis bahkan bisa tidak bergantung pada lapangan pekerjaan akrena mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri. Karena fokus utama dari jurusan ini adalah…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Tidak Alergi Perbedaan, Mahasiswa Unikama Ditempa Mata Kuliah Jati Diri Kanjuruhan

Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar satu mata kuliah jati diri Kanjuruhan. Romadon, M.Pd, sebagai pengampu mata kuliah akan menempa kepribadian

Close