Kampus Terbaik di AS untuk Kuliah Teknik

Infokampus.news – Teknik selalu menjadi fakultas favorit di setiap kampus terbaik di AS setiap tahunnya. Lulusan dari setiap jurusan teknik juga berpotensi meraih karier beserta gaji yang menjanjikan.

Melanjutkan kuliah bidang teknik di Amerika Serikat (AS), calon mahasiswa harus tahu kampus-kampus terbaik yang menjadi pilihan. Dilansir dari USA Today, berikut urutan 10 sampai lima kampus terbaik di AS dengan jurusan teknik terbaik.

University of Michigan

Kampus terbaik di AS ini memiliki sekolah teknik yang menyediakan 17 program studi untuk sarjana dengan beragam minor. Selain bagus dari sisi pengajaran, kampus juga membuka kesempatan luar bagi mahasiswa untuk melakukan riset. Rata-rata lulusan teknik University of Michigan bisa mendapat gaji mulai dari USD63 ribu.

United States Naval Academy

Kampus ini sangat selektif dalam menerima mahasiswa. Dari para pendaftar, setidaknya hanya delapan persen yang akan diterima. Kelas kecil membuat pengajaran menjadi sangat intensif. Teknik mesin menjadi jurusan paling favorit. Sedangkan rata-rata lulusannya umumnya menjadi pekerja profesional di Angkatan Laut AS dan Korps Marinir AS.

Stevens Institute of Technology

Kampus swasta ini punya standar akademis yang tinggi untuk para mahasiswanya. Namun, biaya kuliah di sana dikenal cukup mahal. Stevens Institute of Technology menyediakan program studi teknik dari jenjang sarjana hingga PhD. Adapun jurusan yang paling populer, yakni teknik mesin dan teknik sipil. Rata-rata gaji lulusan kampus ini, mulai dari USD60 ribu.

Worcester Polytechnic Institute

Meski dikenal sebagai kampus mahal, Worcester Polytechnic Institute sangat diminati untuk jurusan teknik mesin dan teknik elektro. Biaya tersebut juga sebanding dengan rata-rata gaji yang diterima para lulusannya di dunia profesional, yaitu mulai dari USD62 ribu.

Rensselaer Polytechnic Institute

Spesialisasi kampus ini adalah bidang sains dan teknik. Rensselaer Polytechnic Institute menyediakan program untuk jenjang sarjana hingga doktor. Beberapa jurusan yang paling banyak diminati, meliputi teknik mesin, teknik biomedis, dan teknik sipil. Sedangkan gaji rata-rata para lulusan mulai dari USD60 ribu.

Lulusan teknik dikenal menerima gaji fantastis. Tak heran, setiap penerimaan mahasiswa baru fakultas ini tak pernah sepi peminat. Beberapa pelajar bahkan sengaja ke luar negeri untuk bisa kuliah di kampus terbaik dunia.

Baca Juga:

Amerika Serikat (AS) menjadi destinasi studi yang tak kalah unggul untuk bidang teknik. Dilansir dari USA Today, berikut urutan lima sampai satu kampus yang bisa dipilih.

Rose Hulman Institute of Technology

Kampus ini fokus pada bidang teknik, namun juga menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggabungkannya dengan sisi seni. Tak heran, di awal kariernya lulusan Rose Hulman Institute of Technology langsung mendapat gaji mulai dari USD62 ribu.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT menjadi kampus swasta ternama yang punya selektivitas dalam menerima mahasiswa. Kampus ini punya keberagaman tinggi, dan menjadi salah satu institusi pendidikan top di AS. Jurusan terpopuler di sana, yakni teknik mesin. Berdasarkan laporan, lulusan MIT bisa mendapat gaji mulai dari USD71 ribu.

Missouri University of Science and Technology

Kampus terbaik di AS ini menawarkan program studi dari jenjang sarjana hingga doktor. Untuk jurusan, yang paling diminati adalah teknik mesin dan teknik sipil. Sedangkan rata-rata gaji lulusannya mulai dari USD60 ribu.

Georgia Institute of Technology

Kampus negeri berbasis riset ini punya standar akademis yang sangat tinggi. Georgia Institute of Technology menjadi kampus terbaik lantaran dengan biaya kuliah terjangkau, namun bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas. Terbukti, di awal kariernya para lulusan bisa meraih gaji mulai dari USD61 ribu.

Colorado School of Mines

Dengan standar penilaian yang tinggi, hanya pendaftar terbaiklah yang bisa diterima di kampus ini. Colorado School of Mines punya fokus mengembangkan teknik pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab. Teknik perminyakan dan pertambangan menjadi jurusan yang difavoritkan. Sedangkan untuk biaya kuliah di sana cukup terjangkau. Para lulusan bisa meraih gaji mulai dari USD68 ribu. (FAM)

 

Sumber: UsaToday

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ahmad-Hasna, Presiden-Wakil Presiden Baru EM UB 2016/2017

Ahmad Khoiruddin dan Hasna Nadhiroh terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM UB) periode 2016/2017. Pasangan...

Close