Ini Empat Kampus Unggulan di Madura

Infokampus.newsSiapa bilang kampus unggulan cuma kampus yang ada di kota besar? Kampus di kota besar maupun kota kecil sama-sama bisa bikin kamu sukses kok! Asal, kamu serius belajar dan memanfaatkan peluang yang ada di kampus.

Salah satunya buat kamu yang ingin melanjutkan studi di Madura, kali ini tim Infokampus.news sudah menyiapkan daftar kampus unggulan yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan setelah SMA.

Empat Kampus Unggulan di Madura
Universitas Trunojoyo Madura (UTM)
Kampus unggulan di Madura. Universitas Trunojoyo Madura.
Foto: Istimewa

UTM adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Madura. Kampus yang juga dikenal dengan sebutan Unijoyo ini dulunya merupakan kampus swasta bernama Universitas Bangkalan (Unibang). Namun, sejak tahun 2001, status Unibang berubah menjadi kampus negeri dengan nama Universitas Trunojoyo Madura.

UTM terletak di Jalan Raya Telang, Perumahan Telaga Inda, Telang, Kamal, kabupaten Bangkalan. Ada tujuh fakutas di UTM. Di FH ada dua program studi yaitu Ilmu Hukum dan Magister Ilmu Hukum. Di FEB, kamu bisa memilih program studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, D3 Akuntansi Sektor Publik, dan D3 Enterpreneurship.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Di Fakultas Pertanian, program studi yang bisa kamu pilih yaitu Teknologi Industri Pertanian, Agroekoteknologi, Agribisnis, Ilmu Kelautan, dan Manajemen Sumber Daya Perairan. Juga ada program studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam.

Program studi yang bisa dipilih di FISIB yaitu Ilmu Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Sastra Inggris. Di FT, ada program studi Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Sistem Informasi, D3 Manajemen Informatika, D3 Mekatronika, dan D3 Teknik Multimedia dan Jaringan.

Sedangkan, di FIP, program studi yang bisa kamu pilih yaitu PGSD, PG Anak Usia Dini, Pendidikan IPA, Pendidikan Informatika, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Universitas Madura (Unira)
Universitas Madura
Foto: Istimewa

Universitas Madura berdiri sejak 1978. Unira adalah kampus tertua di Madura. Kampus ini terletak di Jalan Panglegur Km 3,5 kabupaten Pamekasan, Madura. Saat ini ada enam fakultas dan program studi di Unira. Keenam fakultas tersebut yakni Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Teknik (FT).

Baca Juga :  Intip Para Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Digitalisasi Kampus menuju World Class University

Beberapa program studi yang bisa kamu pilih di Unira antara lain Akuntansi, Manajemen, Peternakan, Ilmu Hukum, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Inggris, Teknik Sipil, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Program studi Teknik Industri ialah program studi terbaru di Unira. Prodi ini baru diresmikan pada 15 Agustus 2019.

Universitas Islam Madura (UIM)
Universitas Islam Madura
Foto: Istimewa

Universitas Islam Madura dulunya berbentuk Sekolah Tinggi. Baru setelah tahun 2000, kampus ini berubah menjadi universitas. UIM terletak di Jalan Ponpes Miftahul Ulum Bettet, kabupaten Pamekasan, Madura.

UIM memiliki delapan fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dengan dua prodi D3 Kebidanan dan D3 Farmasi. Fakultas Agama Islam dengan prodi Pendidikan Agama Islam dan Ahwal al-Sakhshiyah. Ada pula Fakultas Teknik dengan prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Di Fakultas Pertanian, prodi yang bisa kamu pilih yaitu Agribisnis, Agrobisnis Perikanan, dan Agroteknologi. Di Fakultas Ekonomi hanya ada satu prodi yaitu Akuntansi. Di Fakultas MIPA ada prodi Matematika, prodi Ilmu Hukum di FH, serta prodi Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Anak Usia Dini di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!
Universitas Wiraraja (Unija)
Universitas Wiraraja
Foto: Istimewa

Universitas Wiraraja adalah salah satu kampus unggulan yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1986. Ada tujuh fakultas dengan 13 prodi yang bisa kamu pilih untuk belajar di kampus ini.

Antara lain Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan, FISIP, FKIP, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik. Selain belajar, di kampus ini kamu juga bisa mengembangkan diri melalui berbagai unit kegiatan mahasiswa, lo.

Sebut saja paduan suara, resimen mahasiswa, pecinta alam, music, berbagai jenis olahraga seperti voli, futsal, catur dan bulutangkis. Juga ada unit kegiatan kewirausahaan, broadcasting, lembaga dakwah kampus, koperasi, fotografi, dan sinematografi.

Nah, itulah empat kampus di Madura yang bisa kamu jadikan pilihan studi setelah SMA. Gimana? Sudah ada pandangan mau ambil jurusan apa di kampus mana? Yuk, rencanakan pilihanmu mulai sekarang! (ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published.