Kamu Calon Guru? Simak Tips Bangun Budaya Prestasi ini!

Infokampus.news, Malang – Dalam acara kuliah tamu yang digelar di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang atau FIP UM hari ini menghadirkan Dr. Sukiman, M.Pd Direktur Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Keluarga Kemdikbud.

Dalam kuliah umum bertema ‘implementasi pendidikan keluarga di satuan pendidikan’ ini, Sukiman memberikan banyak masukan kepada mahasiswa FIP ini tentang pentingnya keseimbangan pendidikan dari sekolah maupun orang tua siswa.

Baca Juga:

Untuk mencapai keseimbangan dua hal ini ia menyarankan guru atau instansi terkait untuk melakukan koordinasi dari masing-masing pihak bukan hanya dari sekolah.

“Keluarga banyak yang belum sadar akan peranannya sendiri, mereka menyerahkan anaknya di pihak sekolah. Padahal banyak urusan lain yang tidak bisa tergantikan perannya oleh seorang guru yaitu pengaruh asuhan keluarga,” ujarnya.

Bagaimanapun agar pendidikan anak bisa terlaksana efektif dan efisien, ia mengungkapkan bahwa pendidikan harus dari dua arah dengan cara koordinasi pihak sekolah dan orang tua siswa.

Arahan Keluarga Penting, Negara Mulai Concern

Koordinasi dua arah ini bisa dilakukan dengan jalan pertemuan wali murid dan guru yang harusnya dilakukan sering. Hal ini ia klaim mampu meningkatkan pertumbuhan budi pekerti dan juga budaya prestasi pada anak.

“Dari orang tua bisa memberi arahan mana yang baik mana yang tidak nah sekolah bisa mensuport untuk mendukung budaya prestasi anak,” tutur pakar pendidikan yang telah berkecimpung di dunia non-formal dan informal sejak puluhan tahun silam ini.

Namun ia juga memahami koordinasi yang dilakukan ini tidak semerta merta bisa dilakukan tanpa andil pemerintah dalam segi pembiayaan.

“Nanti akan diatur undang-undang yang membahas ini, ada dana sendiri mulai tahun depan insyaallah dana untuk koordinasi guru dan wali murid,” pungkasnya.

Penulis : Irma

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Siapkan Strategi Hadapi MEA, Ini Kata Dosen Dari Thailand

Masuknya sistem Masyarakat Ekonomi Asean padavtahun 2017 nanti sendiri meninggalkan banyak Pekerjaan Rumah bagi masyarakat Indonesia demi menghadapi persaingan dengan...

Close