Kamu Ingin Jadi Pebisnis? Simak Ulasan Tantangan Ekonomi Indonesia vs Malaysia ini

Infokampus.news, Malang – Ternyata tantangan bisnis Indonesia dan Malaysia tidak jauh berbeda. Meskipun dari luar Malaysia terlihat lebih ‘mapan’ daripada negeri kita, namun ternyata masalah yang dihadapi tak jauh berbeda. Contohnya yang disampaikan Dr. Mahirah Binti Kamaludin dari Universitas Terengganu Malaysia pada Seminar Internasional Business Innovation & Entrepreneurship yang digelar di Universitas Islam Malang (UNISMA) hari ini (23/10).
“Kerajaan sekarang ini juga ingin bagaimana agar lebih banyak angka masyarakat yang membuka kesempatan kerja daripada pencari kerja.” Terangnya.
Sama halnya seperti Indonesia saat ini pemerintah mulai mendukung perusahaan-perusahaan besar maupun UMKM untuk terus bergerak maju mengikuti permintaan pasar yang berubah. Industri 4.0 memang mengubah banyak hal termasuk kebutuhan masyarakat yang bergeser dari mode konvensional.
“Dengan mendorong small and big enterprises ini kami berharap juga kesenjangan UMKM dan perusahaan besar juga bisa dipangkas.” Tambahnya lagi.
Selain itu dekan FEB UNISMA, Nur Diana SE, MSi juga menyatakan revolusi industri 4.0 lebih menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan ini, pihaknya dituntut untuk selalu lebih pro aktif didalam mengembangkan inovasi-inovasi, baik dalam memberikan wawasan yang sedang current bagi para akademisi dan mahasiswa serta meningkatkan kualitas lulusan agar mampu bersaing di era revolusi industri 4.0.
“Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan pemicu revolusi indutri juga diikuti dengan implikasi lain seperti pengangguran, kompetisi manusia vs mesin, dan tuntutan kompetensi yang semakin tinggi. Untuk itu mereka perlu merespon hal ini dengan meningkatkan kompetensi dan skill yang dimiliki agar mampu menghadapi era ini.” Tutupnya. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Gandeng UM dan UB, Kedepan Sutiaji Akan Buat Mall Khusus Pelaku UMKM

Kedepan pemerintah kota Malang akan menggandeng perguruan tinggi di Malang seperti UB, UM atau kampus lain untuk meningkatkan performa penjualan...

Close