Kamu Mahasiswa Akuntansi? Simak Dulu Etika & Profesionalisme Ini

Infokampus.news, Malang – Akuntan memegang peran sentral dalam dunia bisnis. Tak jarang skandal- skandal bisnis seperti pemalsuan dan manipulasi laporan keuangan pada dunia bisnis sering melibatkan peran akuntan. Padahal dalam menjalankan profesinya para akuntan harus memegang teguh pada Pedoman Etik Akuntan Publik serta harus profesional.

Untuk itu program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis bekerjasama dengan IAI Komisariat Wilayah Malang raya menyelenggarakan Seminar Nasional Akuntansi : Etika dan Profesionslisme Akuntan Dalam Audit Perpajakan. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malam Nur Diana SE MSi, menyatakan bahwa Akuntan saat ini dituntut perannya untuk menjadi berkualitas dalam menjalankan profesinya.

“Maraknya skandal bisnis yg melibatkan akuntan sehingga menurunkan kredibilitas maupun nama baik akuntan di mata masyarakat. Padahal mereka bekerja harus tunduk pada Pedoman Etik Akuntan yg mengatur bagaimana akuntan bertindak. Apalagi dalam bidang Taxation, salah satu peran Akuntan adalah melakukan audit laporan keuangan yg juga mencerminkan transaksi pajak.” Ungkap dekan.

Dalam prosesnya, wajib pajak berkewajiban menyusun dan menyetujui Laporan Keuangan tersebut untuk kemudian diaudit oleh Akuntan Publik dan disertakan dalam surat pemberitahuan tahunan (SPT) yang dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Salah satu narasumber, Dr.M.Achsin SH SE MM MKn MEcD MSi Ak CA CPA CRA CLA CPI CLI (Dewan Sertifikasi Institute Akuntan Publik Indonesia) juga banyak mengupas tentang Implementasi Audit Perpajakan dalam Entitas Bisnis. Salah satunya ia mencontohkan bagaimana penanganan tindak pidana yang berkaitan dengan profesi akuntan ini.

“Pertama pasti diperingatkan, lalu diberi sanksi. Kalau memang dalam kasusnya ada pelanggaran pidana, para pemegang profesi akuntan ini malah bisa terkena pasal yang lebih berat dari lainnya.” Tegasnya. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *