Kamu Perlu Tahu! Iniloh Tiga Tombol Penyelamat pada Keyboard, Apa Saja ya?

Infokampus.news –  Saat sedang menggunakan komputer atau laptop namun tiba-tiba kamu memiliki kendala yakni laptopmu tiba-tiba tidak bisa digerakkan. tenang saja, David Bradley memiliki tips apa yang harus kamu lakukan ketika komputer atau laptopmu bermasalah.

Pria kelahiran 1980 yang bekerja di IBM ini merupakan penemu tombol perintah untuk mengaktifkan kembali komputer, Saat itu, IBM sedang mengembangkan PC (personal computer). Dr. Dave merupakan bagian dari tim IBM ini. Tugas beliau adalah membuat sistem input dan output atau mekanisme pengiriman data pada komputer.

Saat komputer digunakan, ada banyak program yang berjalan, Namun ada saat di mana komputer tiba-tiba berhenti bekerja. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan para ahli saat itu adalah memulai ulang sistemnya. Caranya dengan mematikan komputer, menunggu sebentar, kemudian menyalakannya lagi, yang membuat pekerjaan para hali komputer ini jadi semakin lama adalah terkadang sistem komputer terus menerus berhenti setiap lima sampai 10 menit.

Para ahli komputer pun mendiskusikan cara-cara untuk mempersingkat proses restart ini. Awalnya saat itu para ahli berencana menaruh tombol restart pada keyboard. Namun ada risiko yang bisa terjadi, yaitu kita bisa menekannya tanpa sengaja. Ini bisa mengakibatkan data pada program yang sedang berjalan hilang.

Kemudian muncullah ide untuk membuat kombinasi tiga tombol pada keyboard untuk menjalankan perintah restart. Dari sanalah lahir kombinasi ‘Ctrl + Alt + Del’. Letaknya yang agak berjauhan pada keyboard menurunkan kemungkinan seseorang menekannya bersamaan tanpa sengaja.

Di tahun 1990-an saat program Microsoft Windows mulai populer, tiga tombol perintah ini juga jadi populer, nih. Saat itu, ada banyak pengguna Windows mengalami sistem yang berhenti secara tiba-tiba. Akhirnya, satu-persatu orang mulai mengetahui seputar tiga kombinasi tombol penyelamat untuk mengaktifkan kembali komputer, yaitu ‘Ctrl + Alt + Del’.

Sekarang, kombinasi tombol ini bukan hanya berfungsi untuk mengaktifkan ulang komputer, lo. Saat menekan kombinasi tombol ini, kita juga bisa memilih untuk mematikan komputer, berganti user, atau menghentikan program yang berjalan. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Kebutuhan setiap manusia dari hari ke hari memang semakin meningkat. hal ini membuat kita harus bekerja keras untuk dapat mencukupi kebutuhan kita. terkadang suatu pekerjaan memang tidaklah seindah yang kita harapkan. ada suka dan duka yang harus kita jalani dalam berkarier. Sebelum kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, gak ada salahnya pekerjaan yang bukan passionmu ini bisa kamu jadikan batu loncatan untuk kariermu nanti, lho. nah berikut ini…
  • Menjadi guru milenial punya tantangan dan juga keuntungan sendiri di era yang serba canggih ini. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum., dosen asal FKIP Universitas Sebelas Maret mengungkapkan banyak
  • Infokampus.news, Malang - Kamu Mahasiswa tingkat akhir mengalami kendala kesulitan mengerjakan tugas akhir? atau sebagai mahasiswa baru kamu  bingung cara bagaimana membuat daftar isi yang benar? Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang menggelar Workshop untuk mengatasi masalah kesulitan membuat karya ilmiah. Berangkat dari permasalahan kesulitan mahasiswa merangkai kalimat menjadi paragraf, penggunaan kata apa yang tidak tepat dan kalimat yang kurang pas serta kurangnya kesadaran mahasiswa untuk melakukan kegiatan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Para Dosen STIKI Malang Ini Berikan Bekal Khusus Untuk Para Siswa SMKN 5 Malang

Infokampus.news, Malang - 3 Dosen STIKI Malang memberikan bekal khusus pada para siswa SMKN 5 Malang dalam menghadapi dunia kerja

Close