Kamu Perlu Tahu Tujuan Ospek Sebenarnya!

Infokampus.news – Ospek atau sekarang yang biasa kita dengar dengan pengenalan perkuliahan merupakan hal yang kita tahu sangat disoroti ya apalagi di musim mahasiswa baru seperti ini. Dahulu hal ini sangat ditakuti karena sarat dengan sistem senioritas yang kadang menakutkan karena berisi hal-hal aneh di luar sistem pendidikan. Namun, seiring berjalannya waktu sistem senioritas atau biasa juga disebut perpeloncoan mulai dihapuskan. Tapi sebenarnya tahukah kamu apa tujuan sebenarnya dari ospek atau pengenalan kehidupan perkuliahan ini?

Dilansir dari Tribun Jabar, Ospek merupakan salah satu hal yang terdengar horor di kalangan mahasiswa baru. Tidak bisa dipungkiri memang keberadaannya tidak hanya ditemui di jenjang perguruan tinggi, namun di berbagai tingkatan sekolah dasar seperti SMP dan SMA.

Ditilik Dari Segi Makna

Dilihat dari maknanya Ospek sebenarnya memiliki arti dan tujuan sebagai masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Sebenarnya hal ini ditujukan untuk memperkenalkan mahasiswa baru lebih dalam lagi perihal kampusnya, sistem, dan juga berkenalan dengan para senior yang telah tahu lebih detail tentang kampus. Hal ini juga diharapkan menjadi wadah penyalur pengetahuan umum tentang berkuliah dari senior ke juniornya.

Namun, sisi buruk dari ospek tetap saja membayangi siapapun yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Seperti salah satu mahasiswa bernama Fitrah (18) yang akan melanjutkn pendidikannya ke salah satu universitas di Depok. Ia mengaku belum terbayang bagaimana Ospek yang akan ditempuhnya nanti namun, keseraman lah yang sering ia dengar dari gosip teman-temannya.

“Saya sendiri enggak tahu gimana rasanya di Ospek. Tapi, kalau kata temen-temen itu menegangkan kayaknya, soalnya pasti panitianya tegas dan beringas,” katanya ditemui di sela kesibukannya.

Ia sendiri mengaku dirinya tengah tegang dan takut menghadapi masa pengenalan kampus, akan tetapi Fitrah tetap semangat dan ingin terus melanjutkan proses belajar di perguruan tinggi. Ia juga menyadari bahwa sebenarnya jika dilihat dari sudut pandang berbeda, ada banyak hal positif yang akan ia dapatkan dari masa pengenalan itu.

Cukup Menakutkan Namun Harus Melihat Sisi Positifnya

Sonny (22) almuni Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran juga menuturkan tujuan masa pengenalan ini kepada media. Sonny sendiri dulunya merupakan salah satu panitia pengenalan kampus dan ditugasi menjadi tim disiplin Ospek Fakultas Ilmu Budaya D3.

“Tujuan dari acara ospek kita sih pada dasarnya sama untuk lebih mengenal lebih jauh tentang lingkungan kampus, mulai dari fakultas sampe jurusannya masing-masing. Tapi, kalau di kita, ospek bukan sekedar gitu doang. Tujuan lainnya adalah mengakrabkan antara sesama mahasiswa baru dan mengenalkan siapa saja kakak angkatan mereka. Selain untuk lebih akrab, para mahasiswa baru diharapkan tidak canggung ketika meminta pertolongan sama kakak angakatannya,” Sonny menuturkan.

Baca Juga :

Selain itu, iapun menambahkan bahwa tujuan hal ini juga agar kakak tingkatnya bisa berbaur dengan mahasiswa baru. Sehingga, bisa menghindari tindakan bullying yang terkadang masih terjadi antara kakak senior dengan adik kelasnya. (ir)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Siswa Butuh Full Day Play daripada Full Day School

Pendiri LP3i (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia), Syahrial Yusuf menyatakan kurang sependapat dengan wacana full day scholl meski dilakukan...

Close