Kantin Halalan Thoyyiban, Pelopor Kantin Halal Universitas Brawijaya

Kantin adalah  ruangan dalam sebuah gedung umum yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan, baik makanan yang dibawa sendiri maupun yang dibeli di sana. Kantin sendiri harus mengikuti prosedur tentang cara mengolah dan menjaga kebersihan kantin. Maka dari itu, makanan yang disediakan kantin haruslah bersih dan halal. Jenis-jenis makanan yang disediakan pun minimal harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Universitas Brawijaya nampaknya tengah berfokus untuk menjaga kelayakan dan keamanan makanan yang dijual di setiap kantin. Diresmikan pada pada Kamis (24/3/2016), Kantin Halalan Thoyyiban menjadi projek kantin halal pertama dengan suasana nyaman yang nantinya akan diperlebar ke fakultas-fakultas.

“Selain dari segi kenyamanan, kita juga dilatih untuk membuat makanan,” Jelas Retno, salah satu penjual makanan di kantin Halalan Thoyyiban.

Ada 11 pedoman penyusunan sistem jaminan halal di kantin UB, meliputi kebijakan halal, tim manajemen halal, pelatihan dan edukasi, bahan, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis aktivitas kritis, kemampuan telusur, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, audit internal, dan kaji ulang manajemen.

Dari segi kenyamanan, kebanyakan mahasiswa merasa puas dan betah berlama-lama di kantin Halalan Thoyyiban. Dibanding sebelum diperbarui, kantin yang terletak di samping gazebo perpustakaan depan Fakultas Ilmu Budaya ini jauh sekali perbedaannya dalam prosedur pemesanan dan warna cat yang dipilih.

halalan-thoyyiban

“Selain harganya yang relatif sesuai dengan kantong saya, kantin ini sangat nyaman. Beda dari sebelum direnovasi,” Kata Reza, mahasiswa yang tengah menikmati jam istirahat di Kantin Halalan Thoyyiban.

Diharapkan, nantinya Kantin Halalan Thoyyiban dapat menjadi pelopor kantin halal dan dapat diperluas ke kantin-kantin lainnya dalam ranah Universitas Brawijaya. (AB)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Memilih Prodi & Kampus di SBMPTN 2016

Tidak lama lagi, para siswa kelas XII dan alumni SMA/sederajat tahun 2014 dan 2015 akan bisa mendaftar Seleksi Bersama Masuk...

Close