Kebijakan Baru Universitas Indonesia Dalam Seleksi Calon Mahasiswa

Infokampus.news – Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu tujuan favorit para calon mahasiswa yang akan memulai belajar di jenjang perguruan tinggi. Pada tahun sebelumnya Universitas Indonesia selalu melakukan seleksi masuk mahasiswa melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri.

Berdasarkan Permenristekdikti, alokasi masuk untuk seleksi melalui jalur prestasi minimal 30 persen, ujian tulis minimal 30 persen, dan ujian mandiri maksimal 30 persen. Namun ada yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, mulai tahun 2017 Universitas Indonesia meniadakan seleksi masuk secara mandiri. Keputusan itu diambil berdasarkan Permenristekdikti 126/2016 tentang penerimaan mahasiswa baru program sarjana. UI mengubah alokasi penerimaan mahasiswa menjadi 30 persen untuk SNMPTN dan 70 persen untuk SBMPTN.

Dalam konferensi pers usai seminar pendidikan yang diselanggarakan BTA di Jakarta, Emil Budianto selaku Kepala penerimaan mahasiswa baru mengatakan jika mulai tahun ini, Universitas Indonesia meniadakan ujian masuk mandiri. Hanya ada dua jalur untuk ujian masuk yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Emil menambahkan bahwa idealnya ujian masuk mandiri diambil dari hasil SBMPTN. Dengan begitu calon mahasiwa yang berhalangan hadir ataupun memiliki kealasan tertentu untuk mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada sebelumnya masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Hemat Untuk Calon Pejuang Skripsi

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, skripsi sudah menjadi kewajiban mutlak untuk segera diselesaikan. Dalam pengerjaannya sendiri, untuk mengerjakan skripsi kita perlu...

Close