Kebijakan Maba Tidak Boleh Bawa Kendaraan 1 Semester Kurangi Kegiatan Kriminal Di UB? Ini Penjelasan Kepala Kemanan UB

Infokampus.news, Malang – Kebijakan yang dilakukan Universitas Brawijaya (UB) terkait para mahasiswa baru (Maba) yang tidak boleh membawa kendaraan bermotor selama 1 semester ternyata tidak hanya dimaksudkan sebagai langkah untuk mengurangi menumpuknya kendaraan bermotor di lingkungan Kampus, tetapi ternyata hal tersebut juga bisa meminimalisir tindak kejahatan di lingkungan kampus UB.
Dijelaskan oleh Ketua Keamanan Kampus Universitas Brawijaya, Prijo Firmanto, sebelum diterapkannya kebijakan tersebut, banyak kasus kehilangan kendaraan bermotor dialami oleh para Maba. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya para Maba yang belum mengetahui kondisi kampus dan menaruh kendaraan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Hal tersebutlah yang mengundang banyak pelaku kriminal memanfaatkan kesempatan tersebut.
“Dulu banyak sekali para mahasiswa baru yang mengalami kehilangan motor, ketika ditanya ternyata dirinya yang memarkir kendaraan di tempat-tempat yang memang tidak di perkenankan memarkir kendaraan karena tidak adanya personil penjaga parkir tersebut. Hal tersebutlah salah satu yang menginisiasi Maba tidak boleh membawa kendaraan selama 1 semester, agar mereka mengetahui dahulu kondisi di UB ini,” Ungkapnya
Oleh karenanya, Tim keamanan juga menyisipkan satu materi terkait kebijakan tersebut dan dampak kriminal yang bisa di sebabkan dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMABA). Dengan tujuan, meminimalisir tindak pencurian motor yang disebabkan oleh kelalaian pemiliknya.
“Hal tersebut juga terbukti dengan mulai minimnya tindak kejahatan pencurian motor di UB semenjak diterpakannya kebijakan tersebut,” Papar Prijo

Tim Keamanan UB akan perbarui Sistem Keaman di Tiap Fakultas

Menyongsong akan datangnya para mahasiswa baru di bulan Agustus nanti, Prijo juga menjelaskan kemungkinan kebijakan Maba tidak boleh membawa kendaraan selama 1 semester akan tetap dilaksanakan. Namun juga akan ada pembaruan kemanan di lingkungan UB yang akan diinisiasi oleh tim keamanan UB.
“Kami sedang mencanangkan juga bersama fakultas-fakultas yang ada di UB untuk mengaplikasikan ide seperti tempat penitipan barang di setiap masjid fakultas, atau penambahan penerangan dilahan parkir guna mengurangi tindak kriminal di lingkungan UB itu sendiri,” (uch)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cegah Aksi Kriminalitas Di Lingkungan Kampus, UB Terapkan Sistem Keamanan Yang Dinamis

Kasus kriminal yang belakangan terjadi di lingkungan Universitas Brawijaya (UB) tentu saja membuat banyak masyarakat civitas akademika UB khawatir dengan...

Close