Kekurangan Guru BK Berkwalitas, Fakultas Ilmu Pendidikan UM Gelar Seminar dan Lokakarya Nasional

infokampus.news, Malang – Kebutuhan akan Guru BK berkwalitas (Bimbingan Konseling) di Indonesia sangatlah besar, sekitar 130.000 kebutuhan total baru terpenuhi 52.750 orang saja saat ini. Kendati demikian, fakta di lapangan berbicara lain dimana para guru BK yang ada di lapangan terkadang melakukan tugas mereka dengan kurang maksimal karena mereka terkadang harus merangkap sebagai guru ‘penertib’.

Parahnya lagi, mereka yang bukan berasal dari jurusan BK justru menjadi guru BK untuk memenuhi kebutuhan jam mengajar maupun kebutuhan sekolah. Hal tersebut diungkapkan oleh Dosen BK UPI Prof. Dr. Sunaryo pada seminar dan lokakarya nasional yang berlangsung mulai tanggal 4-6 Agustus 2017 ini.

“Jadi kalau ada keluhan guru BK kurang maksimal pelayanannya atau dianggap ‘jahat’ wajar saja karena kadang mereka harus melakukan tatibsi padahal bukan itu tugas mereka. Kalau mereka bukan berasal dari BK, harusnya didorong untuk mengambil S1 jurusan BK oleh pemerintah,” Tukas dia.

Seminar dan Lokakarya Dijadikan Lahan Sharing Untuk Cetak Guru BK Berkwallitas

Selain itu seminar ini digelar, karena menurut dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UM Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd. sendiri penting bagi seorang guru BK untuk memiliki skill yang mumpuni dan mampu untuk mengembangkan potensi para siswa mereka. Dosen juga harus memahami bagaimana cara mendidik mahasiswa pendidikan BK untuk menjadi seorang profesional yang handal untuk memenuhi kekurangan guru BK tersebut.

“Kwalitas pendidikan akan baik kalau dibimbing oleh yang profesional, maka kita akan diskusikan dan pecahkan problematika yang sedang terjadi dalam acara ini.” Tukas dia.

Pihaknya menilai, selain kerjasama dengan pemerintah dalam upaya rekrutmen guru BK mereka juga akan terus meningkatkan kompetensi guru BK dalam memberikan pelayanan pada murid mereka nantinya.

“Guru BK maka harus profesional dan memiliki komitmen yang bagus, kemudian membentuk pribadi yang bagus dari siswa. Tujuan kami itu,” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tinjauan KKN Tuntas , Mahasiswa UNIDHA Sukses Aplikasikan Ilmu dan Gali Pengalaman

Hari ini (5/8) Rektor Universitas Wisnuwardhana dan segenap pimpinan serta staff UNIDHA melakukan tinjauan KKN ke Desa Kranggan Kabupaten

Close