Kelas Keliling ‘Bawah Tanah’ di UM

Infokampus.news, Malang – Jika pada sore hari di salah satu sudut Universitas Negeri Malang terlihat puluhan orang berkumpul sambil terlihat membincangkan sesuatu, mungkin saja itu adalah Kelas Keliling yang digagas oleh PEKA. PEKA adalah sebuah pergerakan ‘bawah tanah’ yang digagas oleh  sekumpulan mahasiswa UM.

“Kelas keliling baru saja terlaksana sekitar sebulan yang lalu kok. Sudah empat kali kalau tepatnya,” tutur Randy Levin, mahasiswa jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang yang menjadi salah satu penggagas PEKA.

Randy atau yang lebih terkenal di kalangannya dengan nama alias Kempel ini mengatakan, tujuan dari kelas keliling ini adalah untuk memuaskan dahaga para mahasiswa UM yang memiliki rasa keingintahuan tentang musik dan kegiatan balik layarnya.

“Jadi kami konsepnya bukan seperti les musik, tapi lebih ke sharing pengalaman dan pengetahuan saja. Memang ada narasumbernya, tapi mereka nggak jadi fokus pembicaraannya, semua peserta berhak bersuara kok,” tambah mahasiswa semester akhir itu.

Berawal Dari Passion Musik

Ide membuat sebuah pergerakan dalam dunia music kampus UM ini berawal dari ide dua orang mahasiswa tingkat akhir. Awalnya, Randy dan kawannya Lutfi Naufali bertemu saat ngopi di tempat yang sama. Sambil menikmati kopi mereka, mereka pun akhirnya berbincang-bincang tentang skena music di kampus UM.

Timbul lah keinginan mereka berdua untuk kemudian menerbitkan sebuah zine secara independent yang khusus membahas tentang geliat music di kampus mereka. Setelah mengumpulkan beberapa materi yang dirasa cukup untuk dipublikasikan, mereka pun akhirnya menerbitkan Peka Zine #1 pada akhir tahun 2016.

“Sekarang kami ada empat orang penggerak, jadi mulai tambah produk lah. Dulu Cuma konsentrasi di zine saja, sekarang juga kami gerakkan kelas keliling itu,” pungkas Randy. (Art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Performance Art Dadakan HMJ Seni dan Desain

Performance art tersebut adalah bagian dari cara anak-anak HMJ Seni dan Desain untuk mempromosikan acara yang akan mereka gelar.

Close