Kembangkan Minat Terhadap Budaya Lokal, Mahasiswa Komunikasi UB Ajak Masyarakat Sambangi Candi Singosari

Infokampus.news, Malang –  Menurunnya minat masyarakat terhadap budaya lokal membuat  mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya yang tergabung dalam kelompok Magenta Public Relations tergerak untuk melakukan kampanye sosial yaitu We Care Local Wisdom. Kampanye sosial yang digalakkan oleh Magenta Public Relations ini sendiri merupakan kampanye yang menitikberatkan pada  peningkatkan minat masyarakat untuk kembali memberi perhatian pada kearifan budaya lokal. Kampanye ini diramaikan dengan tagline #SambangKuy di media sosial Instagram.

Mahasiswa Komunikasi UB Galakkan Minat Masyarakat Pada Budaya Lokal

Salah satu budaya lokal Malang yang diangkat dalam kampanye ini adalah Candi Singosari. Candi Singosari merupakan peninggalan Kerajaan Singhasari yang berlokasi di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi ini dibangun pada tahun 1300 untuk memperingati 12 tahun kematian Raja Kertanegara. Menurut salah satu panitia, Only Maribeth mengungkapkan pemilihan Candi Singosari didasari oleh situs Candi  yang merupakan situs yang dikenal di kota Malang.

“Candi Singosari itu salah satu peninggalan raja kertanegara yang sebenarnya banyak diketahui masyarakat. Tetapi, karena letaknya yang kurang strategis maka masyarakat kurang berminat untuk datang ke Candi ini. Untuk itu kami menggalakkan kampanye ini supaya minat masyarakat pada budaya lokal  bisa kembali besar,” Ungkapnya.

Kampanye We Care Local Wisdom Tarik Minat Masyarakat

Selain melakukan kampanye di media sosial, Magenta Public Relations juga melakukan kampanye selama dua hari dan bertempat di lokasi yang berbeda. Kampanye pertama dilakukan di lingkungan Candi Singosari pada tanggal 10 Juni 2017 dengan melakukan orasi dan membagikan takjil gratis serta brosur mengenai sejarah dan informasi Candi Singosari.

Kampanye kedua dilakukan di Car Free Day Ijen pada tanggal 11 Juni 2017 dengan melakukan orasi serta membagikan brosur dan stiker. Kampanye yang dilakukan oleh Magenta Public Relations mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Kota Malang. Banyak masyarakat yang tertarik dan bertanya-tanya mengenai Candi Singosari. Respon positif masyarakat juga terlihat dengan ketertarikan menggunakan atribut kampanye dan penggunaan tagline #SambangKuy sebanyak 155 posts di Instagram. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Simak Tips Bermanfaat Ini Supaya Siap Hadapi Dunia Kerja Setelah Lulus

Infokampus.news - Menjelang berakhirnya kegiatan akademik di kampus di kota Malang tentunya banyak mahasiswa yang lulus dari dunia kampus.

Close