Kemendikbud Gelar Acara Penyusunan URK DAK Untuk Tahun Anggaran 2021

Infokampus.news , NASIONAL – Gelar acara penyusunan Usulan Rencana Kegiatan (URK) Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk tahun anggaran 2021. Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) M. Samsuri mengatakan bahwa, kegiatan ini diharapkan menghasilkan URK DAK Fisik di tahun 2021, sehingga persiapan dilakukan secara maksimal dan mendapatkan persetujuan dari pihak Kemendikbud.

Daerah yang nantinya menerima alokasi DAK fisik bidang pendidikan tahun 2021 diharapkan untuk mempersiapkan sejak dini guna pelaksanaan ke tahap selanjutnya serta pelaksanaan alokasi DAK ini diharapkan mencapai kinerja secara maksimal.

Penyusunan URK tahun ini dilakukan dalam empat gelombang. Gelombang pertama berlangsung pada 16 sampai dengan 18 November 2020 dan melibatkan 296 peserta dari provinsi Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, NTB, Papua, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Sedangkan pada Gelombang kedua dilangsungkan pada tangga 18 sampai dengan 20 November 2020 dengan melibatkan 167 peserta dengan melibatkan Wilayah Bali, Jambi, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, NTT, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

Pada Gelombang tiga dilaksanakan pada 23 sampai dengan 25 November 2020 dan melibatkan 210 peserta dari provinsi Bengkulu, Yokyakarta, Gorontalo, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Riau, Sulawesi Utara dan Sumatera Barat.

Gelombang empat dilangsungkan pada tanggal 25 sampai dengan 27 November 2020 dengan melibatkan 157 peserta dari delapan provinsi yakni Aceh, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Maluku, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Selatan.

Fathurahman selaku Koordinator Kebijakan dan Sistem Informasi Biro Perencanaan, menjelaskan atas dibaginya peserta menjadi empat gelombang tersebut dilakukan guna pelaksanaan kegiatan ini agar berjalan secara optimal sehingga serangkaian kegiatan perencanaan sepanjang tahun 2021 terselenggara dengan baik.

Dalam diskusi tersebut juga membahas terkait dengan mekanisme serta kebijakan DAK fisik di bidang pendidikan di tahun 2021. Diskusi yang dipandu langsung oleh Ketua Kelompok Kerja Transfer Daerah Inu Kertapati juga turut dihadiri perwakilan dari Direktorat Alokasi Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas, Firman Perangin-angin.

Dalam kegiatan tersebut para peserta juga dibagi ke dalam ruang terpisah menggunakan platform Zoom sesuai dengan jenjang pendidikannya. Rangkaian kegiatan URK DAK fisik bidang pendidikan tahun anggaran 2021, sudah dibahas sejak awal bulan februari lalu, pada bulan Juni dilaksanakannya pengusulan rencana kegiatan yang dimulai pada tanggal 16 sampai dengan 27 November 2020 sehingga rencana penyelesaiannya di targetkan bulan Desember mendatang.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Fokus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *