Kemristekdikti Gelontorkan Rp5 Miliar untuk Motor Listrik ITS

Infokampus.news – Hingga saat ini, pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) telah menghibahkan anggaran senilai Rp5 miliar untuk motor listrik GESITS karya mahasiswa ITS yang bekerjasama dengan PT Garansindo.

“Tugas Kemristekdikti kan mengupayakan bagaimana hasil ristek menjadi inovasi. Jadi sampai saat ini total sudah Rp 5 miliar dana yang dihabiskan dan dihibahkan Kemristekdikti kepada ITS untuk motor listrik ini,” sebut Menristekdikti, Muhammad Nasir di Gedung II BPPT, Jakarta, Senin (7/11).

Baca Juga:

Disebutkan pula, sekarang ini telah dihasilkan 5 unit sepeda motor listrik GESITS yang siap diuji kehandalan dan unjuk kerjanya. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian di laboratorium dan pengujian di jalan raya. “Ini bisa jadi peluang bagi Indonesia untuk bisa mandiri di bidang kendaraan listrik,” katanya.

Masih di tempat yang sama, CEO Garansindo, Muhammad Al Abdullah mengatakan bahwa GESITS akan menjadi produk hasil riset universitas pertama yang akan berhasil menuju hilirisasi di dalam produksi secara massal. Pria yang akrab disapa Memet ini mengatakan bahwa saat ini sudah ada pesanan sebanyak 20 ribu unit dari Kadin Provinsi Bali, Telkom dan beberapa instansi pemerintahan lainnya.

“Maka itu kami sekarang segera melakukan pengujian dan kemudian fokus untuk melakukan persiapan pabrik dan lainnya demi percepatan produksi,” jelas Memet.

Disinggung mengenai teknologi yang dimiliki skuter listrik ini, Memet mengatakan bahwa GESITS  memiliki keunikan. yakni dengan adanya metode penggantian baterai dengan sistem swapping, maka dapat dilakukan di tempat – tempat fasilitas umum. Misalnya, SPBU dan mini market yang tersebar di berbagai daerah. “Ini memudahkan bagi masyarakat yang tidak sempat mengisi ulang sendiri,” kata Memet yang juga menyebut harga yang ditawarkan di bawah Rp 20 juta per unitnya.

Skuter buatan anak bangsa ini memutuhkan 1,5 – 3 jam untuk sekali pengisian baterai, dan Gesits tidak mengeluarkan emisi gas buang sehingga skuter ini dapat menjadi solusi pengurangan pencemaran polusi udara. (FAM)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Beasiswa bertebaran, mahasiswa jangan malas cari informasi
Beasiswa Bertebaran, Mahasiswa Jangan Malas Cari Informasi

Kunci utama untuk memeroleh beasiswa selain dari faktor akademis, juga didorong oleh kemauan kuat dari diri sendiri untuk mendapatkan beasiswa...

Close