Keren! Cegah Kebakaran Lewat SMS, Ini Karya Mahasiswa STMIK Asia

Infokampus.news, Malang – Terlalu asyik dan larut dalam suatu pekerjaan terkadang membuat kita lalai akan lingkungan sekitar kita, apalagi saat tidak berada di rumah semua hal bisa terjadi di luar kendali. Seperti misalnya lupa mematikan kompor ataupun terjadi konsleting arus listrik bisa berakibat fatal dan membakar rumah kita.

Melihat latar belakang tersebut, Dharmawan Setya Saputra mahasiswa Jurusan Sistem Komputer STMIK Asia lantas berinisiatif membuat inovasi teknologi anti kebakaran dengan sensor asap.

“Saya bikin konsep sistem proteksi polusi ruangan berbasis sensor asap ini. Entah darimana asal asapnya maupun jenisnya, akan terdeteksi. Jadi dia akan langsung menyalakan kipas untuk mengeluarkan asapnya dan juga kirim sms ke nomer yang terdaftar di sistem itu,” kata Dharmawan saat ditemui dalam acara Asia Inovasi Tekhnologi Kreatif yang dihelat STMIK Asia hari ini, Selasa, 25 Oktober 2016.

Tidak Hanya Aman, Namun Juga Sehat

Alat yang dibuat selama hampir satu tahun ini tidak hanya didesain untuk mengatasi kebakaran, namun juga bisa meminimalisir dampak buruk dari asap.

“Selain mencegah kebakaran, alat ini juga akan mengeluarkan asap rokok secara otomatis sehingga udara sekitar lebih sehat,” jelasnya.

Baca Juga :

Saat terdapat asap pada ruangan, alat ini akan memberikan sinyal alarm dan juga mengirimkan sms himbauan kepada pemilik rumah. Nah, bagaimana apa anda tertarik memiliki alat simpel dan bermanfaat seperti ini juga?

Penulis : Irma Puspita
Editor : Galuh Pandu Larasati

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UI Buat Produk Kecantikan Dari Belimbing

Ide yang dihasilkan oleh kalangan akademisi di Indonesia memang menarik dan tidak ada habisnya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu...

Close