Keren! Jaket Penyeimbang Suhu Tubuh Karya Mahasiswa UB Ini Berjaya Hingga ke Cina

Infokampus.news, Malang – 5 mahasiswa Universitas Brawijaya Malang (UB) berhasil menciptakan jaket yang mampu menyeimbangkan suhu tubuh. Adalah 5 orang mahasiswa Firmansyah Putra Satria Ahmad Fathan Halim, Annisa Istighfari Hernanda R. dan Yurike Putri dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Kedokteran (FK).

Karya mereka ini juga berjaya hingga ke negeri Cina, asalnya mereka memperoleh penghargaan berupa medali emas pada The 10th International Exhibition of Inventions (IEI) & The 3rd World Invention and Innovation Forum (WIIF) 2018 di kota Foshan, China pada tanggal 13-15 September 2018.

Tidak hanya medali emas, pada kompetisi yang diikuti oleh 253 tim dari 49 negara ini mahasiswa UB memperoleh penghargaan tambahan yakni penghargaan khusus dari Thailand sebagai inovasi terbaik.

“Tidak menyangka karena kami membawa ini masih dalam bentuk prototype,” Ujar Firmansyah pada wartawan.

Menurutnya, jaket ini tak hanya bisa digunakan untuk pendaki gunung yang rawan terkena cuaca dingin yang ekstrem. “Indonesia sendiri sering terjadi kasus tentang hipotermia dan hipertermia mengingat di lingkungan geografis tanah air terdapat beberapa daerah yang memiliki suhu ekstrem. Nah, jaket ini berfungsi untuk mengantisipasi hal tersebut,” kata salah satu anggota tim J-ROID (Android Jacket for Hypothermia & Hyperthermia) imbuh Bagas.

Selain itu menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada tahun 1999-2011 di Amerika Serikat terjadi sekitar 7.415 kematian yang disebabkan oleh heart relates illness dan 16.911 kematian lainnya akibat execrssive natural cold.

“Disini juga ada panic button. Baik dalam kondisi hipo maupun hipertermia pasti akan cenderung lemas. Nah panic button ini fungsinya mengirim pesan darurat otomatis ke nomer yang sudah terdaftar disini. Kami juga sambungkan alat ini dengan aplikasi khusus.” beber Firmansyah.

Rencananya alat ini akan dikembangkan lagi sehingga dapat lebih akurat, efisien dan efektif sehingga pada masa mendatang J-ROID dapat diaplikasikan secara penuh di masyarakat. (Pus/Mic)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) mengadakan serangkaian acara untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1439 H / 2018 berjudul Gema Ramadhan Teknik (GRT) 1439 H. Seperti tahun-tahun sebelumnya Al Hadiid bersama dengan Unit Dakwah di semua Departemen Fakultas teknik menetapkan tema Gema Ramadhan Teknik tahun ini yaitu “Merebut Ramadhan Berkat Al-Qur’an”. Tahun ini panitia menyiapkan lima rangkaian acara yang akan diselenggarakan pada tanggal 18-25 Mei 2018. Dimulai dengan…
  • Menjadi MAWAPRES FTUB 2018 merupakan kebanggan tersendiri bagi salah satu mahasiswa yang sangat aktif ini. Adalah Muhammad Husni Mubarok, mahasiswa Teknik Mesin

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
UIN SUKA
UIN SUKA Tawarkan Beasiswa Bagi Pelajar Kamboja di Edufair 2018

Infokampus.news - UIN Sunan Kalijaga (UIN SUKA) menjadi peserta dalam kegiatan Edufair di Kamboja. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaaan Besar

Close