Keren!, Mahasiswa UNAIR Ini Mampu Menjalankan Bisnis Sambil Kuliah, Yuk Intip Kisahnya

Infokampus.news -Menjalani suatu bisnis maupun pekerjaan saat masih berstatus mahasiswa memang bukanlah sesuatu yang  mustahil. Walaupun sebagai mahasiswa kita masih disibukan oleh tugas ataupun mata kuliah, bukan berarti hal tersebut bisa menghalangi kita untuk terus produktif diluar dunia perkuliahan.

Mahasiswa yang bernama Raiza Aulia ini menjadi contohnya. Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (UNAIR) ini memang dikenal memiliki jiwa bisnis yang kuatsejak duduk di bangku kuliah. Raiza sendiri pun dikenal gemar mengasah kemampuannya dengan belajar hal-hal baru. Saat ini, selain menjalankan bisnis Make-up Artist (MUA), Raiza ikut mengelola usaha rawon milik kedua orangtuanya.

Seperti dilansir dalam laman UNAIR, Awalnya Raiza sering mengaplikasikan ilmu hasil belajar make-up ke beberapa teman dekat. Hasilnya, ia jadikan portofolio dan dipamerkan di media sosial. Tak ayal, dari portofolio tersebut kini Raiza sering menerima job make-up untuk wisuda hingga prewedding.

“Awalnya kalau promosi ya dari mulut ke mulut, pokoknya teman dekat dulu, lalu media sosial. Yang paling penting adalah niat dan kemauan untuk usaha,” Ungkap Raiza

Tak hanya berhenti di bisnis jasa make-up dirinya juga saat ini mulai merambah bisnis kerudung dan kaos kaki. Dari hasil menjual kerudung yang ia rintis tersebut, Raiza mulai bisa mengatur keuangan sendiri tanpa bergantung pada orang tua.

“Meskipun hasilnya ngga banyak, tapi alhamdulillah bisa beli buat kebutuhan sendiri,” ujarnya.

Kuliah Bukan Jadi Halangan Untuk Berbisnis

Menjalankan usaha secara bersamaan tak lantas membuat Raiza meninggalkan perkuliahan. Menurut Raiza, ilmu-ilmu perkuliah justru haruslah bisa diterapkan dalam segala lini kehidupan, salah satunya dalam berbisnis. Menurutnya, banyak belajar dan mengaplikasikan ilmu psikologi yang ia dapat di bangku perkuliahan kepada pelanggan. Dari pelanggan inilah ia bisa mengerti karakter-karakter orang dan cara menghadapinya.

Selain itu Raiza menuturkan, mengelola beberapa bisnis secara bersamaan tak selalu berjalan mulus. Dari bisnis yang ia jalani, Raiza juga sering mengalami hal-hal buruk seperti merugi dan ditipu oleh pelanggan. Namun hal tersebut tak membuatnya patah semangat untuk melanjutkan usahanya.

“Rugi pernah, ditipu orang juga pernah, dikomplain pelanggan juga sering. Namanya usaha nggak mungkin mulus terus. Tapi dari sana saya bisa belajar untuk lebih baik,” Pungkasnya

Raiza menyadari bahwa apa yang ia lakukan belum sepenuhnya sempurna. Ia masih terus belajar dari orang tua, saudara, dan lingkungan sekitarnya untuk merintis bisnis yang lebih baik. Ia juga berpesan kepada teman-temannya untuk menggunakan waktu muda secara produktif dan mencoba hal baru yang sesuai minat. Sebab menurutnya, passion yang ditekuni dapat menjadi bekal dikemudian hari.

“Meskipun nyoba jualan lalu hasilnya dikit, nggak apa-apa. Selagi masih muda jangan takut gagal, coba aja terus. Gagal coba lagi, gagal coba lagi, pokoknya sampai banyak yang bisa dipelajari nanti dibuat bekal keberhasilan,” Paparnya. (uch)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AKAFARMA PIM Ajak Generasi Muda Kampanyekan Inovasi Bahan Pangan Lokal

Sabtu (09/09) Transfoodmation 2017 yang diadakan oleh Akademi Analisis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Putra Indonesia Malang

Close