Keren! Tamat S2 dengan Beasiswa, Mahasiswa UNIKAMA Ini Langsung Bertolak ke Jepang

Infokampus.news, Malang – Eko Heru Prasetyo atau yang akrab disapa Heru, merupakan alumni mahasiswa UNIKAMA (Universitas Kanjuruhan Malang). Alumni mahasiswa sarjana yang lulus di tahun 2014 ini akan segera bertolak ke Jepang, tepat sebulan setelah ia lulus dari studi S2 nya di Universitas Gajahmada (UGM).

“Sejak 2014 lulus UNIKAMA langsung kuliah S2 di UGM dengan beasiswa LPDP, lalu wisuda Oktober kemarin dan tepat pada bulan November saya langsung persiapan untuk daftar di Jepang. Alhamdulillah diterima,” ujarnya.

Tidak tanggung-tanggung, mantan penerima beasiswa LPDP ini melewati semua tahapan dan proses yang sulit untuk mengejar studi S3 nya.

“Kalo ketat tidaknya saya kurang tahu karena saya tidak tahu berapa orang yang mendafaftar. Tapi salah satu kesulitannya ya mendapatkan persetujuan profesor dari Kyoto University karena beliau sibuk terus.” ujar pria kelahiran Malang, 28 November 1989 ini.

Ia juga menjelaskan dikala interview via skype, beberapa kali jaringan internet sempat mengalami gangguan, sehingga konsentrasinya menjadi terpecah.

Mendapat Beasiswa Langsung Dari MEXT (Kementrian Pendidikan Jepang)

Heru sendiri berencana mengambil obyek studi East Asia Sutainable Economic Development (SDGs) yang memang merupakan keinginan pribadinya dalam mempelajari Ekonomi dan Bisnis di Asia.

“Jurusan yang saya ambil ini menawarkan program yang spesifik untuk topik sustainable develpoment goals (SDGs) yang mungkin masih jarang di Indonesia, lagipula ini memang sesuai dengan keinginan saya.” tuturnya pada tim infokampus.news.

Ia sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan studi dari total 15 calon mahasiswa yang diterima untuk melaju bersekolah di Kyoto University Jepang. Tidak hanya itu, 5 orang dari pendaftar yang lolos tersebut direkomendasikan untuk mendapat beasiswa  langsung dari kementrian pendidikan Jepang (MEXT), dirinya adalah salah satunya.

“Alhamdulillah saya masuk 4 orang yang direkomendasikan itu, sekarang masih nunggu pengumuman resmi MEXT sekitar bulan Juli.” ungkapnya.

Motivasi Untuk Para Mahasiswa

Apa yang ia telah capai hingga saat ini merupakan buah dari usaha, kerja keras dan juga doanya pada Tuhan. Ia berharap kesempatan seperti ini bisa dirasakan oleh setiap mahasiswa di Indonesia, khususnya untuk adik-adiknya di UNIKAMA.

“Yang pasti harus selalu percaya diri dan tidak boleh berkecil hati, ‘A single step will lead to thousands of journey’. Saya suka dan juga terinspirasi dengan quote di novel Paulo Coelho berjudul The Alchemist, “when you really want something, all the universe conspire in helping you to achieve it,” tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa UNIKAMA Ajak Siswa SMK Komersilkan Inovasi Produk

Siang hari ini (1/3) Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) menggelar lomba business plan 2017 di gedung Sarwakirti yang...

Close