Keris Terancam Dicoret dari Daftar Warisan Budaya Indonesia Jika Mahasiswa tak Lakukan Ini!

Infokampus.news, Malang – Keris yang merupakan salah satu masterpiece Indonesia yang telah didaftarkan di UNESCO sejak tahun 2001 mulai kehilangan pamornya. Pasalnya masyarakat sudah tidak lagi menggunakan keris dalam beberapa prosesi adat seperti dalam pernikahan atau kegiatan lainnya.
“Kalau misal keris masih eksis misalnya dalam pameran, atau seminar dan kegiatan edukasi seperti ini ya akan tetap ‘diberikan’ pada Indonesia.” Ujar Peneliti Kebijakan Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Unggul Sudrajat dalam Seminar Keris Nasional Nusantara di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya pagi ini (15/10).
Padahal menurutnya perkembangan keris sangat pesat di tahun 2005. Paguyuban keris di Indonesia mulai dari Malang, Batu, Blitar, Madura dan beberapa wilayah di Indonesia sangat banyak dan tidak kurang dari 145 paguyuban.
“Untuk itu kami mengajak lagi bagaimana agar budaya bisa tumbuh dan dihidupkan kembali dalam masyarakat.” Tukasnya.
Keris sendiri mampu menaikkan prestise negara Indonesia di beberapa bidang menurut Unggul. Diantaranya adalah menumbuhkan kebanggaan nasional, mampu mendorong kreativitas masyarakat, menumbuhkan kesadaran akan keberagaman dan masyarakat menjadi semakin mampu menghormati antar individu.
Selain itu ia menambahkan penjualan keris dalam online marketplace juga masih belum sebanyak penjualan antar individu. Persentase penjualan keris secara online saja hanya 10% sedangkan penjualan personal atau antar individu masih 30% dari total keseluruhan metode penjualan keris.
Padahal jika penjualan secara online mampu menyaingi penjualan antar individu, maka bukan tidak mungkin penjualan keris akan mengcover seluruh daerah di Indonesia. Pamor keris pun juga akan meningkat kembali di mata masyarakat. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Yudisium Pascasarjana PIPS
Unikama Gelar Yudisium Pascasarjana Prodi PIPS Semester Genap tahun 2017-2018

Infokampus.news – Yudisium merupakan proses akademik yang berkaitan dengan pengumuman nilai akhir sleuruh mata kuliah serta penentuan kelulusan mahasiswa sebelum

Close