Kerjasama Riset, Wakil Dubes AS Sambangi ITS

Infokampus.news – Wakil duta besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian Mc Feeters, Selasa (4/10) siang berkunjung ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Kehadirannya untuk kerjasama riset sekaligus mengunjungi dua dosen ITS yang berhasil menerima hibah penelitian dalam Program Partnerships for Enhanced Engagement in Research (PEER).

Tahun ini, ada dua kelompok dosen ITS yang mendapatkan hibah untuk melakukan penelitian bersama dengan para ilmuwan AS. PEER merupakan program hibah yang memberikan dukungan kepada para ilmuwan dari 63 negara untuk mendapatkan dana penelitian yang menjawab berbagai prioritas pembangunan.

Melalui program ini, peneliti Indonesia dapat bekerjasama dengan peneliti Amerika dalam memajukan pembangunan.

Baca Juga:

Keduanya adalah penelitian proses sedementasi Bengawan Solo yang diketuai Dr Ria Asih A Soemitro Meng serta penelitian tentang permodelan cuaca ekstrim oleh Dr Heri Kuswanto. “Keduanya menerima dana penelitian sebesar 200 dollar AS” jelas Brian.

Dirinya sangat mengapresiasi kedua peneliti ITS yang berhasil mendapatkan hibah tersebut. Ia pun tampak antusias untuk membuka kerjasama yang lebih besar untuk ITS. Bersama dengan Prof Joni Hermana, Rektor ITS, ia pun berdiskusi untuk membuka jalur kerjasama bidang penelitian yang lebih banyak.

Dikatakan Brian, Amerika memang sedang membangun kerjasama strategis dengan Indonesia dalam pendidikan. “Tahun lalu, Jokowi dan Obama sudah mendiskusikan hal ini. Bidang yang kami utamakan dalam program ini adalah memajukan pendidikan,” tutur mantan Konselor Menteri Ekonomi di Perwakilan AS untuk Uni Eropa itu.

Baru baru ini, ITS menjalin kerjasama penelitian dengan Michigan State University, University of New Orleans, dan The University of North Carolina. Peneliti dari universitas tersebut telah menjalankan penelitian di ITS baik dalam bidang sains, arsitektur, maupun kemaritiman.

Brian berharap hasil penelitian yang dilakukan oleh ITS, termasuk penelitian dalam program PEER dapat dimanfaatkan untuk kepentingan nasional yang lebih besar dan sekaligus dapat dikomersialkan. (FAM)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Minat Tax Amnesty Pelaku UMKM Rendah, DJP Permudah Syarat Pelaporan Aset

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mempermudah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam proses pelaporan aset. Dalam peraturan yang...

Close