Kesuksesan UM sebagai Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE 2019) di Malang. Simak Yuk!

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Negeri Malang (UM)sukses besar sebagai tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tingkat nasional 2019. KMHE resmi ditutup pada tanggal 28 September 2019 di Graha Cakrawala UM (28/9). Kontes yang diadakan sejak tanggal 24 sampai 28 September 2019 ini diselenggarakan dengan sangat meriah dan dengan sarana prasarana yang lengkap. Kepada tim Infokampus.news beberapa peserta menganggap penyelenggaraan UM jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 

KMHE merupakan kontes tahunan penciptaan mobil irit hemat energi yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi sejak tahun 2012 lalu dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC).

 

 

Pada KMHE 2019 ini, Universitas Negeri Malang (UM) berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan dengan mengusung tema “Utas Awij untuk Alam”. Pengambilan tema “Utas Awij untuk Alam” ini diambil dari bahasa khas Arek-arek Malang yang berarti menyatukan jiwa untuk melestarikan alam. Melalui kegiatan diharapkan seluruh jiwa masyarakat dapat bersatu dalam upaya pelestarian lingkungan dengan menciptakan mobil hemat energi.

 

 

Ketua Pelaksana Kontes Mobil Hemat Energi tahun 2019, Dr. Yoto, S.T., M.Pd., M.M  menyampaikan bahwa KMHE 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang diikuti oleh 80 tim, 80 kontingen dari 45 perguruan tinggi di Seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Kacamata dan Kontak Lensa Ternyata Punya Dampak Negatif Bagi Kesehatan, Simak Ulasannya

Saat tim infokampus.news menanyakan kesan- kesan sebagai Ketua Pelaksana KMHE, Dr. Yoto, S.T., M.Pd., M.M menjawab “Selama menjadi Ketua Panitia penyelenggara  saya merasa bahwa tugas saya merupakan tantangan bagi saya, karena baru kali ini saya mendapatkan amanah menjadi ketua penyelenggara kegiatan Tingkat nasional sehingga saya harus bekerja keras, berpikir cepat dan tepat tetapi harus tetap hati-hati dan teliti sehingga setiap keputusan harus benar karena harus dipertanggung jawabkan kepada pimpinan perguruan tinggi yaitu bapak Rektor dan juga Direktur Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan (Belmawa)”.

 

“menjadi seorang pemimpin harus berani mengambil resiko dan bertanggung jawab. Alhamdulilah hasil evaluasi dari teman-teman baik dari Tim Juri, Ditjen Belmawa, dan Panitia Penyelenggara serta para Pendamping bahwa penyelenggaraan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 berjalan dengan lancar dan sukses. Kesuksesan ini atas kerja sama yang baik dari Tim Panitia, Ditjen Belmawa, masyarakat sekitar, Pemda Kota Malang dab jajarannya, dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini termasuk para sponsor” tambahnya.

Baca Juga :  3 Alasan Kenapa Kamu Harus Berlomba Melamar Pekerjaan di Bulan Desember

 

 

KMHE 2019 disponsori oleh Shell dan Suzuki. Adapun, Vice President External Relations PT. Shell Indonesia, Rhea Sianipar mengatakan “harapan Shell bisa mendapatkan pemenang-pemenang baru dan bukan hanya sekedar menang kompetisi tapi pemenang ini sangat berubah dalam hal karakter mereka, bagaimana mereka bisa membuat satu teamwork bersama, mempersiapkan kompetisi KMHE dan membentuk mereka menjadi anak muda yang berkarakter yang sangat sangat baik.”

 

 

Pada KMHE 2019, kendaraan hemat energi diklasifikasikan menjadi dua kategori, kategori yang pertama adalah Prototype. Prototype merujuk pada kendaraan masa depan yang memaksimalkan aspek aerodinamika (Kelas Bahan Bakar : Gasoline, Diesel, Ethanol, dan Listrik). Selanjutnya yang kedua yaitu Urban Concept. Urban Concept merujuk pada kendaraan yang secara fisik memiliki tampilan seperti kendaraan pada umumnya. Kendaraan-kendaran dari berbagai kampus di Indonesia ini diujikan di sepanjang Jalan Jakarta sampai dengan Jalan Ijen di Kota Malang.

 

Sebagai wadah kreativitas dari para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk menciptakan, menguji, dan mengkompetisikan mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan, maka  mahasiswa diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan, menjaga ketahanan energi nasional melalui upaya menciptakan teknologi kendaraan hemat energi.

Baca Juga :  STIKI Malang Ajak Pegiat Game Rupiahkan Karyanya Lewat Digital CollaborAction Power

 

Ada beberapa peraturan dalam kontes yang harus dipatuhi oleh setiap peserta lomba. Adapun peraturan tersebut ada dua regulasi, yaitu (1) Regulasi Teknis Kontes Mobil Hemat Energi 2019, dan (2) Regulasi Non Teknis Kontes Mobil Hemat Energi 2019.

 

KMHE tahun 2019 ini melihat kemampuan para peserta dari segi keahlian dalam merancang dan membangun kendaraan yang irit dan aman. Selain itu, penilaian dalam kompetisi ini adalah aspek kreativitas dalam menciptaan kendaraan ramah lingkungan.

Melalui penyelenggaraan kegiatan KMHE tahun 2019, diharapkan dapat menjadi acuan bagi para mahasiswa untuk dapat melanjutkan kompetisi di tingkat Internasional. Selain itu, diharapkan generasi muda Indonesia mampu untuk menciptakan kendaraan hemat lingkungan sendiri.

(Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *