Ketahanan Pangan Tak Melulu Beras, Makanan-Makanan Receh Favorit Mahasiswa Ini Juga Termasuk

Infokampus.news, Malang – Ketahanan pangan Indonesia jika ditilik dari beberapa komoditas saja seperti padi, kedelai atau gandum memang belum maksimal dari tahun ke tahun. Meskipun pemerintah berupaya cukup keras untuk menaikkan angka produksi beberapa komoditas tersebut.
Namun demikian, ada beberapa komoditas lain seperti umbi-umbian, jagung, dan sebagainya yang juga tak kalah dalam segi nutrisi. Namun demikian masyarakat Indonesia masih saja terpaku pada komoditas itu-itu saja.
“Padahal ya banyak umbi-umbian, itu juga mengenyangkan dan ya tidak kalah dengan beras, gandum. Tapi masyarakat Indonesia belum paham kalau ketahanan pangan itu sebenarnya ya apapun itu, selama mengenyangkan ya berarti ketahanan pangan sudah baik. Tapi mengubah stigma memang tidak mudah,” Tukas Prof. Dr. Darminto, Dekan Fakultas Teknolofi Pertanian Universitas Brawijaya Malang (FTP UB) saat ditemui di sela acara International Conference on Green Agro-Industry and Bioeconomy pagi ini (18/9).
Bahkan jika ditilik lebih jauh, makanan olahan jagung seperti tortilla chips yang digemari anak muda terutama mahasiswa juga termasuk ketahanan pangan. “Bahkan ini bisa digunakan untuk pengganti beras lho. Contohnya sekarang kita ini produsen mie terbesar di dunia tapi bahannya semua impor, ya memang kita tidak bisa menghasilkan gandum ya. Kami berusaha keras untuk mengganti ini,” Tukas Mastur Ph.D dari Kementrian Pertanian.
Namun demikian penggantian bahan baku ini tidak bisa dilakukan sepenuhnya, sejauh ini baru 20% saja. Selebihnya menurut dekan FTP memang yang harus dibenahi adalah pola pikir masyarakat untuk mengganti bahan pangan pokok beras ke komoditas pangan lain.
“Contohnya saja gempa bumi, misal kita kasih mereka bantuan umbi, sebelum gempa pun mereka juga makan umbi tapi ketika dilihat orang lain jadinya ‘lho kok hanya umbi?’ padahal itu juga pangan lokal. Jadi harus memang dirubah mindsetnya,” Tutup Dekan. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
KGSP Associate Degree
Kejar Beasiswa KGSP Undergraduate untuk kuliah S1 di Korea

Infokampus.news – Pemerintah Korea Selatan menawarkan Beasiswa KGSP Undergraduate untuk kuliah S1 di Korea Selatan. Beasiswa S1 Korea KGSP rutin

Close