Ketahuan Merokok? Kampus di Jepang ini Ancam Pecat Dosen dan Staf

Infokampus.news – Sebuah kampus di Jepang mengumumkan akan memberlakukan aturan ketat terkait larangan merokok di lingkungan kampus, termasuk berhenti mempekerjakan staf maupun dosen yang merokok. Pejabat dari Universitas Nagasaki di kota Nagasaki, mengatakan, Selasa (23/4/2019), bahwa mereka akan meningkatkan kampanye anti-rokok di lingkungan kampus menjelang Olimpiade 2020.

“Pihak kampus akan berhenti mempekerjakan staf pengajar yang merokok,” kata juru bicara Universitas Nagasaki, Yusuke Takakura, dikutip AFP. “Walau demikian para pelamar yang berjanji untuk menghentikan kebiasaan itu sebelum diterima bekerja, masih berpeluang mendapat tawaran pekerjaan,” tambahnya.

Disampaikan Takakura, pihak kampus akan mulai memberlakukan larangan merokok di seluruh lingkungan kampus mulai Agustus mendatang dan akan membuka klinik bagi mereka yang tidak bisa berhenti merokok. “Kami telah mencapai kesimpulan bahwa perokok dan aktivitas merokok tidak sesuai dengan sektor pendidikan,” ujarnya.

Takakura mengatakan, pihak kampus telah melakukan konsultasi hukum terkait aturan tersebut dan meyakini bahwa larangan merokok total itu tidak akan melanggar undang-undang diskriminasi. Dilaporkan media setempat, Universitas Nagasaki menjadi kampus negeri pertama yang menerapkan larangan tersebut, yang disebut sejalan dengan kebijakan pemerintahan kota Tokyo dalam aturan anti-rokok secara ketat yang diambil dalam rangka menyambut Olimpiade Musim Panas 2020.

Jepang sebelumnya menjadi surga para perokok, dengan tidak adanya larangan merokok sekalipun di ruang publik, termasuk restoran dan bar. Namun menjelang menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, Tokyo telah melarang merokok di semua restoran di ibu kota, meski pihak restoran dapat membuat area khusus merokok yang terpisah, namun di ruangan itu dilarang makan dan minum. Merokok juga telah dilarang sepenuhnya di lingkungan sekolah, mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah dan rumah sakit. Walau tetap diizinkan dibuat ruangan terpisah dari gedung utama untuk merokok. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Lomba Cerpen Nasional
BEM FT UNNES Gandeng @ikutlomba Adakan Lomba Cerpen Nasional, Berikut ini Informasi dan Alur Pendaftarannya

Infokampus.news - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui kabinet Sinergi Tanpa Henti bekerjasama dengan @ikutilomba untuk

Close