Ketat, Dari 91.652 Orang Pendaftar jalur SBMPTN, UB Hanya Ambil 4 persennya

Infokampus.news, Malang – Penerimaan calon mahasiswa baru melalui Jalur SBMPTN telah di umumkan kemarin (13/6). Universitas Brawijaya (UB) sendiri telah memastikan telah lolos sebanyak 4.176 calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN 2017. Namun, nyatanya untuk masuk ke UB para calon mahasiswa harus bersaing ketat dengan para pendaftar jalur SBMPTN lain yang juga ingin masuk dan lolos ke UB lewat jalur SBMPTN.

Dari 91.652 orang pendaftar jalur SBMPTN, UB hanya Ambil 4 persennya

Keketatan seleksi masuk lewat jalur SBMPTN di UB sendiri diakui oleh Wakil Rektor I, Prof. Kusmartono memang cukup ketat. Bisa dibayangkan, dari 91.652 orang yang mendaftarkan diri ke UB, hanya 4.176 orang saja yang lolos menjadi calon mahasiswa UB. Jumlah peminat yang berada di angka 91 ribu tersebut sendiri diakui oleh Prof. Kusmartono menjadikan UB salah satu kampus dengan peminat terbanyak di Indonesia.

“”Dengan jumlah sekitar 91 ribu peminat itu saja, UB  sudah masuk jajaran dengan peminat terbanyak dalam lingkup nasional,” pungkasnya.

Masuk UB, Satu Orang Harus Kalahkan 21 Orang Pendaftar Lainnya

Dengan jumlah peminat yang berada di angka 91.652 sedangkan jumlah calon mahasiswa baru yang diterima berjumlah 4.176 orang saja, artinya bisa dikatakan tingkat ketetetan masuk UB melalui jalur SBMPTN sangat ketat. Satu orang harus bisa mengalahkan 21 orang pesaing lainnya yang juga ingin masuk UB. Hal terseut pun diakui oleh Prof. Kusmartono

“Untuk ketetatan sendiri kita ada di peringkat 21, Memang masih kalah dengan UI atau UGM,” Ujarnya.

Selain itu, UB sendiri pada tahun 2017 ini memiliki nilai tertinggi nomor 7 se-Indonesia pada kelompok Soshum. dan utuk range nilai sendiri, diungkapkan Wakil Rektor I UB tersebut range nilai di UB berada di kisaran 500-850.

Kurangi Jumlah Mahasiswa Baru, UB Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Terakhir, Prof. Kusmartono juga menyampaikan alasan penurunan jumlah mahasiswa yang dilakukan pada tahun ini didasari oleh ujuan untuk penjaminan mutu pendidikan. Sperti yang diketahui, Total pada tahun ini UB hanya menerima 10.000 ribu mahasiswa baru, berkurang dari tahun 2016 yang mencapai angka 12.050 mahasiswa baru.

““Memang saat ini fokus kita tertuju pada jaminan mutu kualitas mahasiswa, jadi kami tidak terfokus  kuantitatif atau jumlah mahasiswanya, supaya mutu kualitas pendidikan d UB juga makin baik,” Paparnya. (uch)

 

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maju Lagi ke Olimpiade Matematika di Bulgaria, Mahasiswa UM Ini Persiapkan Ilmu Lebih Matang Lagi

Tahun ini salah satu mahasiswa UM maju lagi ke olimpiade matematika yang akan di gelar di Blagoevgard, Bulgaria

Close