Khawatir Mahasiswa Bule Amerika ‘Rindu Kampung Halaman’, BIPA UM Gelar Perayaan Fourth of July

Infokampus.news, Malang – Para mahasiswa bule Amerika yang tergabung dalam program Critical Language Study (CLS) BIPA UM (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Universitas Negeri Malang) dan juga para mentor Bahasa Indonesia mereka sore ini menggelar peringatan hari kemerdekaan. Tentunya di tanggal 4 Juli ini mereka memperingati hari kemerdekaan Amerika serikat atau yang sering disebut Fourth of July.

Acara ini sendiri digelar karena pihak BIPA mengaku tidak ingin mahasiswa ini merasakan homesick karena tidak merayakan hari kemerdekaannya saat mereka tengah menjalani program belajar di Indonesia.

“Agar kerinduan terhadap Amerika bisa terobati. Kami ingin mereka saat disini tidak kangen kampung halamannya dan sebagainya.” ujar Ketua Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing atau BIPA, Dr. Gatut M.M., M.Pd.

Salah Satu Mahasiswa Bule Amerika Ceritakan Perjalanan Kemerdekaan Yang Berbeda Antara Indonesia dan Amerika

Salah satu mahasiswa asal Amerika bernama George, menerangkan bagaimana perjalanan negeri mereka bisa merdeka. Tentunya perjalanan kemerdekaan bangsa mereka berbeda dengan bangsa kita, yakni mereka  harus terbebas dari Inggris yang kala itu adalah negara ‘Induk’ dari 13 negara koloni yang ada di Amerika Serikat.

“Sebelumnya kami jadi benua kami hanya ada 13 negara terpisah, melalui proses yang panjang ahirnya terbitlah kongres kontinental kami mendeklarasikan bahwa 13 koloni atau negara itu merdeka dari Inggris.” Tutur dia dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih.

Serupa dengan Indonesia, kala itu bangsanya juga berharap terbebas dari segala bentuk belenggu dan ketidakbahagiaan.

“Kami berpegang teguh pada pendirian bahwa kehidupan kebebasan dan kebahagiaan itu harus kita perjuangkan. Selamat hari empat Juli.” Tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wawali Kota Malang Ingatkan Pentingnya Tauhid Dalam Acara Halal Bihalal FIA UB

Hari ini (4/7) Wawali Kota Malang Drs. Sutiaji M.M memberikan tausiyah dalam acara halal bihalal yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu...

Close