Kiat Sepele Menulis PKM yang Penting Ini Dibocorkan Juri Pimnas pada Para Mahasiswa UNIGA Pagi Ini

Infokampus.news, Malang – Kiat sepele menulis PKM tapi penting ternyata sering diabaikan oleh para mahasiswa yang mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap tahun. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Ir. Bambang Sampurno, Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang juga merupakan juri PIMNAS pada para peserta pelatihan PKM 5 bidang Universitas Gajayana Malang (UNIGA) pagi ini (26/10).

Ternyata saat pengajuan proposal PKM tidak boleh ada format yang sedikitpun salah dalam penulisannya. Seperti tanda baca, letak angka dan berbagai kesalahan kecil lain yang sering ditemukan.

“Kalau ada salah sedikit saja misal angka romawi harusnya di tengah itu ditaruh di pojok, langsung diberi nilai satu lalu buang. Tidak ada kreativitas dalam penulisan ya, tapi konten.” Tegasnya saat mengisi materi.

Kiat sepele menulis PKM Ini Penting Tapi Sering Disepelekan

Selain beberapa kesalahan dalam penulisan ternyata yang tidak kalah fatal adalah kesalahan dalam memasukkan kategori PKM yang akan diikuti. Dalam hal ini ia menyarankan harus ada campur tangan bimbingan dosen yang sudah berpengalaman.

“Sebagus apapun kalau salah dalam mengategorikan ya bisa juga dibuang.” Tambahnya.

Lebih lanjut selain teknis penulisan, pemakalah juga harus teliti dengan ide kreativitas itu sendiri sekaligus pengembangannya. Mahasiswa sebelum membuat proposal harus melakukan survey terlebih dahulu dan analisa yang tepat agar produk yang dihasilkan tidak hanya berhenti sampai di PIMNAS saja.

“Misalnya PKM Kewirausahaan, ya buat survey siapa pasar yang dituju lalu seperti apa analisa kebutuhan pasar petimbangkan dengan baik. Setidaknya kalau misalnya dibiayai ataupun tidak oleh kemenristekditi, menang atau tidak penelitian itu tidak berhenti tapi juga bisa dikembangkan sendiri untuk usaha pribadi misalnya.” Pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Lho Jalan Pintas Jadi Mahasiswa Univeristas Brawijaya Malang, Berminat?

Jalan pintas jadi mahasiswa Univeristas Brawijaya Malang siapa yang tidak mau? Nah baru-baru ini Wakil rektor 3 Universitas Brawijaya

Close