Baca 5 Kiat Sukses Menghadapi SBMPTN Ini!

Infokampus.news – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 sudah ditutup, sekarang tinggal menghitung hari untuk pelaksanaannya. Banyak yang mulai pusing, mengikuti bimbingan belajar (bimbel) di mana-mana, membeli buku latihan soal, dan lain sebagainya demi menghadapi tes tulis SBMPTN ini. Untuk mengimbangi banyaknya tenaga, waktu, biaya, dan pikiran yang telah dikeluarkan, Sobat FoKus harus punya kiat khusus sebelum melaksanakan tes SBMPTN. Jika Sobat FoKus adalah peserta SBMPTN, simak kiat sukses menghadapi SBMPTN ala Infokampus.news dan Energi Edukasi di bawah ini!

Kiat Sukses Menghadapi SBMPTN
1. Belajar Bersama dengan Teman yang Memilih Bidang yang Sama

Dari sekian banyak teman-teman sekolah Sobat FoKus, ajaklah beberapa teman terdekat yang mendaftar SBMPTN untuk saling membantu mengerjakan latihan soal serta berbagi pikiran. Tes SBMPTN ini hanya terbagi menjadi dua bidang, yakni Saintek dan Soshum. Jadi, Sobat FoKus tak perlu pusing-pusing mencari teman dengan prodi yang sama!

2. Kuasai Materi Sebanyak Mungkin, Jangan Membatasi Diri

Kesalahan umum yang terjadi pada pendaftar SBMPTN adalah sering berpatokan pada latihan-latihan soal yang sudah dikerjakan. Memang seringkali formatnya tetap, namun bukan berarti materi yang akan diujikan akan terbatas pada materi itu-itu saja lho, ya. Apalagi, tahun 2018 ini ada pembobotan skor yang berbeda untuk soal yang tingkat kesulitannya berbeda. Di sisa waktu yang ada sebelum Hari-H SBMPTN, kuasai materi yang kemungkinan akan diujikan dan kerjakan latihan soal sebanyak-sebanyaknya!

3. Hindari Kesalahan Teknis Seperti Lupa Membawa Kartu Pendaftaran SBMPTN dan ATK

Memang hal ini tidak ada kaitannya dengan skor yang akan diperoleh lembar jawaban yang sudah kalian isi. Namun jika hal ini terjadi, Sobat FoKus bahkan bisa-bisa dilarang mengikuti ujian sama sekali. Kartu Pendaftaran adalah syarat administrasi satu-satunya yang paling penting untuk dibawa ke lokasi ujian sebagai bukti bahwa Sobat FoKus telah mendaftar dan terdaftar. Jika Sobat FoKus mengikuti ujian berbasis komputer, bisa jadi tak perlu membawa ATK. Namun jika Sobat FoKus mengikuti ujian tertulis, tanpa pensil dan penghapus lantas mau mengerjakan soal dengan apa?

4. Jaga Kesehatan

Memaksimalkan jam belajar menjelang SBMPTN memang perlu, namun jangan sampai lupa menjaga kondisi fisik. Jangan sampai telat makan, konsumsi air putih sebanyak-banyaknya, dan tidur secukupnya sebanyak kurang lebih 8 jam setiap malam. Jika terlalu memforsir diri sendiri hingga jatuh sakit di Hari-H SBMPTN, ulah siapa?

5. Pahami “Medan” Pelaksanaan Ujian

Sebelum Hari-H, pastikan Sobat FoKus tahu secara mendetail lokasi pelaksanaan SBMPTN yang sudah ditentukan termasuk di mana tepatnya ruangan yang akan kalian tempati. Jika perlu, lakukan survei lapangan bersama kawan-kawan yang lain. Hal ini akan mempermudah Sobat Fokus dalam memperkirakan lama perjalanan dan menemukan ruangan tepat waktu sehingga durasi pengerjaan Sobat FoKus tidak terpotong sia-sia.

6. Lewati Soal yang Kalian Anggap Sulit

Kesalahan lain yang kerap dilakukan oleh peserta ujian adalah berlama-lama memikirkan soal yang sulit sehingga kehabisan waktu untuk mengerjakan soal lain yang mungkin saja lebih mudah. Jika hal ini terjadi, akibatnya adalah skor yang didapatkan akan jauh dari harapan. Maka dari itu lewati dulu soal yang sulit dan kerjakan terlebih dahulu soal-soal berikutnya. Kalau masih ada durasi, barulah kembali ke soal-soal yang sempat di-skip tadi. Eits, namun ini hanya berlaku bagi ujian tertulis ya. Kalau ujian berbasis komputer, kerjakan semua karena ada kemungkinan tidak bisa kembali ke soal sebelumnya. Jangan terlalu khawatir, karena pada SBMPTN 2018 ini tak ada pengurangan soal untuk soal yang dijawab salah.

Nah, itu tadi beberapa kiat sukses menghadapi SBMPTN yang akan cukup membantu Sobat FoKus. Semoga bermanfaat! (him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Dengan ditutupnya pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tanggal 28 April 2018 lalu, maka berakhir pula pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi secara nasional atau serentak. Meskipun demikian, jangan berkecil hati bagi yang belum berkesempatan mengikuti SBMPTN 2018, karena kata pepatah "banyak jalan menuju Roma". Jalur masuk tersebut di antaranya adalah seleksi jalur mandiri dan seleksi masuk sekolah kedinasan. Dalam artikel ini, Infokampus.news menyediakan sejumlah informasi…
  • Infokampus.news - Sistem penilaian SBMPTN 2018 berbeda dengan penilaian tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan Panitia Pusat SBMPTN 2018 dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto.id, Selasa (10/4/2018). Jika pada SBMPTN 2017 lalu menggunakan skor 4 (empat) untuk jawaban benar, skor 0 (nol) untuk yang tidak menjawab, dan skor negatif 1 (-1), maka metode penilaian SBMPTN 2018 ini jauh berbeda karena ada pembobotan untuk karakteristik dan tingkat kesulitan soal yang berbeda pula…
  • Infokampus.news, Malang - Seperti banyak pepatah bilang, kunci kesuksesan seorang anak tidak lah lepas dari doa dan dukungan orang tua

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
beasiswa d3 politeknik negeri jakarta
Beasiswa Penuh D3 Politeknik Negeri Jakarta Program LNG Academy

Infokampus.news - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berbasis politeknik yang berlokasi di kawasan yang

Close